Comscore Tracker

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang Menggiurkan

#IDNTimesFood Penggemar makanan manis patut coba!

Pisang merupakan buah yang banyak dimasak untuk aneka makanan enak, tidak cuma baik untuk tubuh, rasa buah yang nikmat pun menjadikan hasil tanam yang satu ini banyak disukai, khususnya di Indonesia.

Namun pisang tidak selalu bisa diolah sendirian, sebab dengan menambahkan karamel pada sebuah makanan, dua komponen ini mampu berkolaborasi untuk menghasilkan kudapan menggiurkan, seperti lima sajian berikut.

1. Salted caramel banana pudding

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang MenggiurkanPuding dari pisang dan karamel (delish.com/Jonathan Boulton)

Puding memang cocok dinikmati dalam kondisi apapun, oleh sebabnya makanan ini patut tersedia di rumah sebagai camilan atau menu suguhan. Ada cukup banyak kreasi puding enak untuk dicoba, salah satunya adalah salted caramel banana.

Sentuhan rasa manis dan asin serta lembutnya puding berpadu menjadi satu, selain itu, tambahan whipped cream terhadap olahan yang satu ini bisa dijadikan dekorasi yang apik untuk digunakan.

2. Banana caramel tart

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang MenggiurkanTart dari pisang dan karamel (coles.com.au)

Bagi penggemar tart, berkreasi dengan memasukan aneka bahan baku sebagai isian adalah pengalaman menarik untuk menghasilkan kudapan nikmat. Inspirasi tersebut pun dapat digabungkan antara penggunaan pisang dan karamel.

Bila suka, kamu dapat memasukkan krim keju atau selai cokelat sebagai olesan dasar untuk membuat perpaduan makanan yang sempurna sebagai ide camilan sembari berkumpul dengan keluarga.

Baca Juga: 5 Sajian Sederhana Berbahan Buah Pisang, Tak Kalah Menggugah Selera!

3. Banana caramel crepe

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang MenggiurkanCrepes isi pisang dan karamel (youtube.com/Coral)

Crepe adalah menu jajanan praktis yang cukup mudah ditemui di tanah air dengan aneka isian sedap. Makanan tersebut diolah menggunakan kulit dadar tipis yang dibuat dari tepung terigu, telur, dan susu.

Sementara itu, salah satu kreasi crepe yang bisa dicoba adalah dengan memasukan selai cokelat beserta potongan pisang ke dalam dadar, jangan lupa tambahi karamel supaya rasa crepe makin enak.

4. Upside down banana caramel cake

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang MenggiurkanKue upside down dari pisang dan karamel (queen.com.au)

Upside down cake merupakan sebutan bagi kue dengan potongan buah yang diletakan pada dasar loyang, makanan ini biasanya merujuk kepada buah nanas dan senantiasa dipakai untuk menu camilan atau hadiah yang nikmat.

Namun tidak cuma nanas yang dipakai, sebab pisang pun cocok untuk dijadikan perasa sekaligus penambah dekorasi yang tak kalah cantik. Bedanya, bagian bawah loyang akan dilumuri terlebih dahulu dengan karamel lalu disusul potongan pisang.

Sementara itu, bahan baku kue dapat dicampur dari tepung terigu, telur, brown sugar, susu, serta pisang yang dilumatkan supaya rasa makanan semakin pekat dan kian sedap.

5. Caramelized banana

5 Kudapan Nikmat Hasil Kolaborasi Pisang dan Karamel yang MenggiurkanOlahan caramelized banana (foodnetwork.com)

Caramelized banana cocok diolah sebagai salah satu camilan praktis karena memakan waktu pemasakan cukup singkat. Hidangan ini pun dibuat dengan tiga bahan utama yang terdiri dari gula, mentega, dan buah pisang.

Dalam membuat makanan tersebut, komponen yang perlu dibuat terlebih dahulu adalah karamel yang diolah dari gula dan mentega, jika keduanya sudah meleleh sempurna, campur dengan potongan pisang, lalu sajikan dengan es krim kesukaan.

Nah, itulah kelima olahan hasil perpaduan antara pisang dan karamel yang bisa kamu jadikan inspirasi kudapan enak di rumah. Gimana, tertarik mencoba salah satu makanan di atas?

Baca Juga: 5 Kudapan dari Karamel dan Kacang Mete yang Bikin Sajian Makin Nikmat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya