Comscore Tracker

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkan

Jajanan favorit kamu yang mana nih? 

Mencicipi aneka jajanan atau street food menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan, terutama jika kamu berlibur di kota Malang. Malang sudah lama dikenal bukan hanya sebagai kota wisata tapi juga gudangnya wisata kuliner.

Berbeda dengan kota lain yang lebih populer dengan kafe bertema unik atau makanan modern, di kota Malang kamu masih bisa menemukan aneka jajanan jadul yang sudah berusia puluhan tahun dan masih bertahan hingga sekarang, termasuk lima jajanan legendaris berikut ini! 

1. Pukis dan Terang Bulan Hollywood

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkantravelingyuk.com

Jajanan pertama yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Malang adalah kue pukis dan terang bulan Hollywood. Pukis bukan sembarang pukis, kue pukis dan terang bulan Hollywood ini sudah ada sejak tahun 1977 alias sudah berusia 42 tahun dan masih ramai hingga sekarang.

Berbeda dengan kue pukis lain yang dijual di gerobak atau toko, pukis dan terang bulan Hollywood justru berjualan di sebuah mobil Volkswagen berwarna biru kuning yang jadi ciri khasnya. Sesuai dengan namanya, kue pukis dan terang bulan adalah menu andalan disini.

Kamu juga bebas mau memilih toppingnya mulai dari pisang, keju, coklat, nanas, dan topping lainnya. Satu buah pukis istimewa dibandrol dengan harga Rp5 ribu . Mahal? Enggak juga kok, karena selain ukurannya yang lumayan besar, tekstur pukis yang padat dan lembut pasti bakal bikin kamu kenyang.

Alamat: Jl. Agus Salim, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Buka: setiap hari, 15.00 - 21.00

2. Ronde Titoni

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkaninstagram.com/urukyu

Di kota Malang, ada ronde yang terkenal namanya Ronde Titoni. Dinamakan Ronde Titoni karena dulu penjualnya menjajakan ronde di kawasan Titoni sebelum akhirnya pindah dan menetap di Jalan Zainul Arifin. Enggak tanggung-tanggung, Ronde Titoni ini susah ada sejak tahun 1948 lho!

Yang lebih hebatnya lagi, meski usianya sudah sepuh tapi rasa ronde di warung Ronde Titoni ini masih sama dengan ronde tahun 1948. Selain rasa, disini kamu juga akan menemukan dua varian ronde yang berbeda yaitu ronde kering dan basah dengan kuah jahe.

Menu lain yang enggak kalah jadi favorit adalah roti bakar dan cakwe. Satu porsi ronde dihargai Rp8-10 ribu. Sedangkan untuk cakwe dan roti goreng, kamu cukup membayar Rp3 ribu saja. Murah banget kan?

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Buka: senin - sabtu, 18.00 - 00.00

Baca Juga: Beda Jajanan Pasar Combro, Misro, dan Cothot. Sudah Paham?

3. Putu Lanang Celaket

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkaninstagram.com/omjack_delivery_service

Kalau Ronde Titoni buka tahun 1948, nah Putu Lanang Celaket ini sudah buka sejak tahun 1935. Tidak menunggu lama, jajanan kue putu ini jadi jajanan favorit orang Belanda. Bahkan di saat Indonesia jatuh ke tangan Jepang pun, banyak tentara Jepang yang ketagihan dengan kue Putu Lanang Celaket ini.

Dan meski sekarang tidak ada tentara Jepang atau Belanda, kedai Putu Lanang Celaket ini tetaplah ramai diserbu warga lokal dan turis yang penasaran dengan rasa kue putu legendaris ini. Selain kue putu, kedai ini juga menyediakan jajanan tradisional lain seperti klepon, cenil, dan juga lopis dengan harga Rp10 ribu per porsinya.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 73, Gang Buntu RT.03, Klojen, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65112
Buka: setiap hari, 17.30 - 21.30

4. Rujak Manis Semeru

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkaninstagram.com/sovifooddiary

Untuk kamu para penggemar makanan pedas, Rujak Manis Semeru bisa jadi pilihan yang oke. Berdiri sejak tahun 1980-an, Rujak Manis Semeru ini sangat populer di kota Malang. Bukan hanya karena rasa pedasnya yang bikin kamu keringetan, tapi juga karena porsinya yang jumbo.

Untuk satu porsi rujak berisi potongan buah dan sambal kacang cukup untuk dua sampai tiga orang. Tenang aja meski porsinya besar, harga Rujak Manis Semeru ini tetap murah kok yaitu sekitar Rp16 ribu. Oh ya, kalau kamu bukan tipe orang yang bisa makan pedas, kamu bisa kok request level kepedasan yang sesuai dengan selera kamu. 

Alamat: Jl. Semeru No.54, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Buka: senin sampai kamis, sabtu dan minggu, 09.00 - 16.00

5. Toko Kue Madjoe

Legend Banget! 5 Jajanan Khas Malang ini Tidak Boleh Dilewatkaninstagram.com/yuliani_santoso

Dari nama tokonya saja, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa usia toko ini sudah tidak muda lagi. Toko Kue Madjoe sendiri pertama kali buka di tahun 1930. Saat itu, toko kue Madjoe jadi toko kue favorit orang Belanda yang tinggal di kota Malang. Meski sudah tidak seramai dulu, tapi tetap saja kue-kue disini masih jadi favorit banyak orang terutama di moment natal dan lebaran.

Yang istimewa, beda dengan toko kue lainnya, kebanyakan kue yang dijual disini adalah kue-kue jadul khas zaman Belanda seperti pindakoeken, kaasstengels, lidah kucing, banker, ransi, dan aneka kue Belanda lainnya. Bukan hanya itu, bahkan suasana toko pun dibuat sama persis seperti di jaman penjajahan. 

Alamat: Jl. Pasar Besar No.30B, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118
Buka: setiap hari, 08.00 - 18.30

Wajib didatangi semua nih kalau ke Malang, mana yang termasuk wishlist kamu?

Baca Juga: 6 Jajanan Tradisional Berkuah, Cocok Dijadikan Takjil Berbuka Puasa

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You