Comscore Tracker

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!

Rasanya unik dan bikin ketagihan lho…

Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, masing-masing daerahnya memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya unik dan menarik.

Kuliner menjadi salah satu keberagaman yang dimiliki oleh negara yang gemah ripah loh jinawi ini. Cita rasa yang dimiliki tiap kuliner dari berbagai macam daerahnya memiliki keunikan tersendiri, salah satunya kuliner dari Kabupaten Kebumen.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuatnya memiliki banyak pantai yang indah dengan ombak ganasnya.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Kebumen, wajib untuk mencoba kulinernya berikut sembari memandang keindahan pantai selatan.

1. Sate Ambal dengan bumbunya yang unik dan lezat

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!www.recipetineats.com

Sate legendaris dari Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen ini sekilas memang mirip dengan sate madura pada umumnya. Apa yang membedakan? Bumbunya. Jika sate Madura menggunakan menggunakan sambal kacang, sate ambal menggunakan sambal tempe sebagai bumbunya.

Terbayang kan pada gigitan pertama langsung merasakan gurih dan nikmatnya perpaduan antara daging dengan tempe. Sambal tersebut membuat cita rasa yang berbeda, terlebih ditambah dengan jahe dan aneka rempah lainnya agar semakin maknyus.

2. Kalau main ke pantai, wajib beli yutuk goreng nih

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!budaya-indonesia.org

Pernahkah melihat yutuk ketika sedang bermain di pantai Kebumen? Ya, hewan laut yang mirip dengan undur-undur ini memang habitatnya di pesisir pantai. Kamu akan lebih mudah menemukan yutuk ini jika sedang berkunjung ke Pantai Petanahan.

Masyarakat di sana memanfaatkan yutuk ini untuk dijadikan rempeyek lho. Terbayang kan rasa gurih hewan laut dan renyahnya rempeyek.

Untuk membelinya pun mudah, banyak pedagang di sekitaran pantai yang menjual rempeyek yutuk ini agar kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: 8 Kuliner dari Indonesia Bagian Timur yang Identik Berbahan Kelapa

3. Lanting, oleh-oleh khas Kebumen yang menyerupai angka 8

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/lantingrien

Namanya lanting. Makanan khas Kebumen ini sering kali dijadikan sebagai buah tangan lho, kalau berkunjung ke Kebumen.

Makanan ringan ini berbahan dasar singkong. Dahulu, rasa lanting ini kurang bervariasi, hanya rasa bawang goreng. Saat ini, ada banyak variasi rasanya, seperti keju, jagung bakar, pedas, dan masih banyak varian rasa lainnya. Masyarakat di sini cukup inovatif, bukan?

4. Jipang kacang, lengket-lengket manis gitu rasanya

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!travelingyuk.com

Selain lanting, kabupaten Kebumen juga punya makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan, jipang kacang. Ya, sudah tidak asing lagi mendengarnya, kan? Camilan yang satu ini memang sudah diproduksi sejak lama, namun rasanya tetap konsisten dan tidak berubah. Menarik, kan?

Bahan baku pembuatan jipang kacang ini adalah kacang, gula jawa, dan minyak sayur. Sensasi lengket dari gula jawa menambah kenikmatan saat menggigitnya.

5. Di balik kelezatan kuliner khas Kebumen, ada Kecap Kentjana

Mau Berkunjung ke Kebumen? 5 Kuliner Khas Ini Wajib Kamu Coba!facebook.com/kecapkentjana

Jika di Madiun terkenal akan kecap Cap Tawonnya, Majalengka terkenal kecap Segi Tiga dan Maja Menjangannya, Kebumen punya kecap khas daerahnya juga nih, yaitu Kecap Kentjana.

Perusahaan yang memiliki tagline “sekali dirasa, tetap disuka” ini memang sejarahnya sudah cukup panjang, yakni sejah tahun 1960. Namun, rasa yang dimiliki tidak pernah berubah, tetap eksis dan khas sampai saat ini.

Itulah beberapa kuliner khas dari Kabupaten Kebumen yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke daerah ini. Bisa kamu coba langsung di tempat, ada juga yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Sudah pernah mencoba salah satunya?

Baca Juga: 8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondo

Maulia Indriana Ghani Photo Verified Writer Maulia Indriana Ghani

instagram @mauliaghani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya