Comscore Tracker

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijual

Generasi cerdas tahu cara menjaga kesehatan!

Kamu pasti tak asing dengan beberapa jenis piring yang biasa dipakai untuk menyantap makanan. Mulai dari piring jenis melamin, keramik, alumunium, hingga piring kayu yang jarang banget dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Pernahkah kamu berpikir, dari beberapa jenis piring itu rupanya tidak semuanya aman untuk dipakai terutama untuk jenis makanan panas? Meskipun piring-piring itu banyak diperjualbelikan di pasaran, ternyata tidak semuanya layak kamu pakai untuk makan, lho.

Kesehatan adalah harta berharga, Guys. Kamu yang sekarang sehat tentu sangat bersyukur dan harus dijaga jangan sampai kamu melakukan sesuatu yang membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah dengan memakai peralatan makan yang bisa memicu beberapa jenis penyakit berbahaya seperti kanker dan asma.

Supaya kamu paham, coba cek beberapa jenis piring ini. Apakah kamu masih memakai salah satu di antaranya kelimanya? Apakah kamu sudah pakai jenis piring yang aman bagi kesehatan?

1. Piring plastik

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijualislampos.com

Piring plastik termasuk salah satu jenis piring yang banyak banget dipakai terutama buat anak-anak yang baru belajar makan. Piring plastik tidak mudah pecah meski terjatuh. Karena itu banyak sekali orang tua yang membelikan anak-anaknya piring plastik dengan warna cerah dan menarik. Sayangnya, tidak semua jenis piring plastik itu aman dipakai, lho. Bahkan piring plastik yang mengandung BPA dapat sangat membahayakan kesehatan kamu. Karena itu, kamu perlu jeli memilih jenis piring plastik yang layak dipakai untuk menyantap makanan. Coba pilih yang aman tanpa BPA, memiliki kode keamanan juga di bagian bawahnya, dan yang pasti berkualitas, ya, Guys. Ingat, ada harga, ada kualitas.

2. Piring melamin

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijualmerdeka.com

Piring melamin memang cukup banyak digemari karena bentuknya yang beragam dan gambar-gambarnya yang lucu. Sayangnya, jenis piring ini pun tidak layak dipakai khususnya untuk makanan panas, Guys. Kamu yang memiliki piring melamin sebaiknya dipakai untuk makanan bersuhu rendah saja. Kandungan formaldehida di dalamnya dapat sangat berbahaya terutama jika diserap oleh tubuh.

3. Piring kayu

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijualdekoruma.com

Piring kayu memang termasuk jarang dipakai karena cukup langka dan harganya pun tidak semurah piring jenis lainnya. Tapi, piring kayu termasuk jenis piring yang aman banget untuk kamu pakai, lho. Piring jenis ini juga nggak bermasalah dengan suhu panas. Jadi, kamu tidak perlu ragu dong untuk memakainya.

Baca Juga: Menelusuri Penggunaan Kantong Plastik di Kota Bogor

4. Piring alumunium

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijualid.aliexpress.com

Walaupun nggak mudah pecah dan awet, rupanya piring alumunium tidak aman dipakai terutama buat makanan suhu panas. Partikel ion di dalamnya bisa sangat membahayakan otak. Bahkan jika terserap ke dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit alzheimer, Guys. Ngeri banget, ya!

5. Piring keramik

5 Jenis Piring Ini Tak Selalu Aman Dipakai Meski Banyak Dijualqlapa.com

Salah satu jenis piring yang aman selain piring kayu adalah piring keramik ini, Guys. Kamu nggak perlu ragu memilih piring keramik. Jenisnya pun cukup banyak dan cantik-cantik, lho. Harganya juga sangat beragam sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan dompetmu.

Itulah beberapa jenis piring yang banyak diperjualbelikan, tetapi tidak selalu aman untuk dipakai. Gimana, kamu pasti sudah paham dong sekarang harus pakai piring jenis apa, Guys? Yuk, belajar menjadi konsumen cerdas. Sebab mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga: [OPINI] Sampah Plastik di Indonesia: Tanggung Jawab Semua Pihak

Muyassaroh Photo Community Writer Muyassaroh

Editor, blogger, dan penulis buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You