Comscore Tracker

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin Gemuk

Perhatikan kadar kalorinya, ya! 

Kebanyakan orang tidak mempertimbangkan sehat atau tidak sehatnya saus yang dikonsumsi. Perlu diperhatikan kadar kalori hingga gula yang terkandung dalam makanan agar tidak menyebabkan kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.

Dilansir dari laman Very Well Fit, ada berbagai jenis saus lezat yang ternyata memiliki kalori tinggi. Penggunaan yang tidak sesuai takaran berisiko memicu penyakit yang mungkin akan timbul di kemudian hari. Berikut beberapa saus lezat yang harus kamu perhatikan kandungannya nutrisinya. 

1. Mayones

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin GemukPixabay.com/Bhupendrasingh

Mayones merupakan saus yang sering kali kita konsumsi. Saus ini terbuat dari kuning telur, minyak zaitun hingga cuka. Meskipun terbuat dari bahan-bahan alami, tetapi ternyata mayones memiliki kalori yang cukup tinggi.

Menurut data USDA, satu sendok makan mayones mengandung 94 gram kalori dan 10,3 gram lemak. Jika saus mayones ini terlalu sering dikonsumsi, maka akan berpengaruh pada berat badan ideal.

2. Saus barbekyu

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin GemukPixabay.com/RitaE

Saus barbekyu memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan mayones. Dua sendok makan saus barbekyu mengandung 60 gram kalori. Satu porsi saus barbekyu mengandung sekitar 10 hingga 13 gram gula dan 280 hingga 350 miligram natrium.

Sebaiknya, konsumsi saus barbekyu sesuai takaran, yaitu sekitar dua sendok makan. Jika kamu ingin tetap sehat dan memiliki berat badan ideal, maka perhatikan asupan saus ini dengan memperhatikan setiap porsinya.

Baca Juga: 5 Tips Cermat Membuat Saus Kacang yang Lezat, Dijamin Anti Gagal!

3. Saus cabai

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin GemukPixabay.com/Einladun zum essen

Saus pedas terbuat dari cabai asli yang membuat makanan makin lezat. Saus yang dikenal dengan tabasco atau sriracha sering kali dikonsumsi berlebihan. Menambahkan saus pedas ternyata akan memberi dampak pada sistem metabolisme tubuh. 

Dalam satu sendok makan mengandung sekitar 4 gram gula. Setiap orang selalu mengonsumsi saus pedas lebih dari ukuran satu sendok makan. Perlu adanya kesadaran untuk membatasi asupan gula agar kamu tidak semakin gemuk. 

4. Saus tomat

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin GemukPexels.com/Daniel Lindstrom

Saus tomat mudah sekali kita temukan dalam makanan junk food yang sering kamu konsumsi. Perlu diingat bahwa satu sendok makan saus tomat mengandung sekitar 20 gram kalori, 5 gram gula dan 4 gram karbohidrat. Hal ini harus kamu perhatikan untuk menjaga berat badan ideal.

Kandungan natrium yang tinggi pada saus tomat tidak boleh kamu abaikan. Rata-rata dari sebotol saus mengandung 1,2 gram natrium per 100 gram. Bukan hanya kegemukan, mengonsumsi saus tomat terlalu berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan lain seperti hipertensi dan penyakit lainnya. 

5. Saus asam

5 Saus Lezat Ini Ternyata Tinggi Kalori, Ada Mayones yang Bikin GemukPixabay.com/Pixel1

Saus asam atau krim asam lezat sekali jika dipadukan pada makanan apa pun. Tetapi jumlah kalori dan lemak pada krim asam tidak boleh diabaikan. Dua sendok makan krim asam mengandung 60 gram kalori dan 5 gram lemak. Selain itu, setengah dari kandungannya berbentuk lemak tak jenuh.

Pola makan lemak tak jenuh berisiko memicu penyakit jantung, kolesterol dan diabetes. Sebaiknya, jika kamu menginginkan makanan dengan krim asam, boleh diganti dengan yoghurt Yunani yang lebih sehat. 

Nah, beberapa saus ini sering kita konsumsi tanpa memperhatikan takarannya. Mulai sekarang,  perhatikan kadar kalori, gula hingga natrium yang dikandung dalam sausmu untuk menjaga kesehatan. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Saus Sambal yang Berkualitas, Sudah Tahu?

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya