Comscore Tracker

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makanan

Apalagi jika bahan itu tak dikemas dengan tanggal kadaluarsa

Salah satu cara yang paling lazim digunakan untuk memastikan kualitas makanan adalah pada tanggal kedaluarsa. Kendati demikian, perubahan bentuk hingga aroma pada makanan pun dapat dijadikan indikator untuk menakar kelayakan bahan tersebut untuk tetap dikonsumsi. Terutama untuk bahan makanan yang dijual tanpa informasi pasti mengenai batas kadaluarsa.

Nah, dilansir dari laman Business Insider, inilah trik untuk memeriksa kualitas beberapa bahan makanan. Simak dengan seksama, ya.

1. Keju

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makananvegetariantimes.com

Daya simpan keju dipengaruhi oleh jumlah uap air yang terkandung di dalamnya. Misalnya, dibandingkan dengan keju keras, keju lunak memang cenderung lebih cepat basi. Salah satu cirinya adalah berbau seperti susu asam yang busuk.

Selain itu, jika keju lunak berjamur, maka buanglah keju tersebut seluruhnya. Sedangkan, jika keju keras yang berjamur, siasatilah dengan memotong bagian yang berjamur. Pasalnya, spora berkemungkinan tak menyebar ke seluruh bagian keju sehingga bagian lain dapat tetap dikonsumsi.

2. Telur

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makanannbcnews.com

Masukkan telur ke dalam wadah berisi air. Jika telur tersebut tenggelam, berarti telur masih layak konsumsi. Jika telur malah mengambang, ini artinya telur sudah tak lagi segar. Usut punya usut, ternyata cangkang telur yang tampak padat itu masih memiliki sedikit pori.

Saat telur menua, kantung udara mulai terbentuk di dalam dan sekitar cangkang telur. Udara pun akan semakin banyak terperangkap di dalamnya seiring dengan bertambah tuanya telur. Nah, inilah yang menyebakan telur mengambang di dalam air.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan yang Bisa Diolah Jadi Apa Saja, Wajib Ada di Dapur!

3. Susu cair

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makananracgp.org.au

Perhatikan tekstur atau konsistensi dan warna dari susu cair tersebut. Jika susu tersebut mengental atau menggumpal serta berubah warna, maka jangan lagi dikonsumsi karena susu tersebut sudah basi. Amati pula aromanya, seperti bau asam yang menyengat. Bau tersebut berasal dari kandungan laktat di dalam susu, yang sudah memproduksi bakteri.

4. Roti

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makananoster.com

Apabila jamur sudah hinggap di roti walau hanya pada selembar roti, maka buanglah roti tersebut. Pasalnya, pori-pori pada roti akan membuat jamur cepat menyebar ke seluruh permukaan roti. Namun, jika roti mengeras dan kering tanpa hadirnya berjamur, siasatilah dengan mengolahnya menjadi remahan atau pelengkap sup atau salad. Lakukan sesegera mungkin.

5. Daging

Selain Tanggal, Ini 5 Trik Memeriksa Masa Kadaluarsa Bahan Makananthespinoff.co.nz

Daging yang sudah tak layak konsumsi akan berbau busuk dan berlendir atau lengket saat dipegang. Selain itu, perhatikan pula tampilan daging. Jika daging tampak mengkilap, mengalami perubahan warna seperti berwarna cerah (tak pucat), serta tak lembek saat disentuh, maka buanglah daging tersebut karena sudah basi.

Waspadalah saat memeriksa kelayakan konsumsi makanan tersebut supaya tak malah berdampak buruk bagi kesehatan, ya.

Baca Juga: Hilangkan Bau Kulkas dengan 5 Tips Ini, Biar Bahan Makanan Makin Awet

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:00:04

Progress: 751.508 dari 813.350 TPS (92.39663%)

Just For You