Comscore Tracker

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!

Tempatnya teduh dan instagramable banget #LokalIDN

Meski di Yogyakarta mulai menjamur restoran kekinian, tak mengurangi minat pecinta kulineran untuk memburu restoran yang autentik dan masih kental dengan unsur Jawa.

Supaya gak kebingungan mesti pergi ke mana, berikut ini ada lima rekomendasi restoran di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Di mana saja?

1. Kampung Jawa Resto 

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!Kampung Jawa Resto (instagram.com/kulineryogya)

Suasana teduh akan kamu dapati setibanya di resto ini. Bukan hanya karena bangunan restoran saja yang berkonsep rumah joglo, restoran ini dikelilingi oleh taman berisikan varietas tanaman hijau yang sejuk dipandang.

Interior Kampung Jawa Resto tak kalah menarik karena didominasi furnitur dari kayu. Lantainya pun bukan keramik, sehingga terasa adem sekali selama di dalam.

Menu yang ditawarkan Kampung Jawa Resto amatlah beragam. Mulai dari nasi sayur, makanan ringan, hingga minuman penghangat jiwa, siap memanjakanmu selama di sini.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00-20.00.

Alamat: Jalan Watugede No.67, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

2. Sekar Kedhaton 

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!Sekar Kedhaton (instagram.com/sekar_kedhaton_restaurant)

Makan di restoran Sekar Kedhaton bikin kamu serasa sedang dijamu raja Yogyakarta di rumahnya. Kok bisa gitu? Restoran kental unsur Jawa ini punya eksterior dan interior bangunan layaknya keraton yang didominasi perabotan hingga ukiran berbahan kayu.

Menu makanan yang ditawarkan oleh restoran ini tak sebatas kuliner tradisional saja, karena kamu akan menjumpai pula menu western yang nikmatnya memberimu pengalaman kulineran tak terlupakan.

Kisaran harga: Rp100-200 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-21.00.

Alamat: Jalan Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede.

Baca Juga: 5 Fakta Mi Lethek dari Yogyakarta, Kuliner Blasteran Timur Tengah Lho!

3. Bale Raos 

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!Bale Raos Restaurant (instagram.com/baleraosresto)

Bale Raos berlokasi di kompleks Keraton Yogyakarta sehingga gaya bangunan restoran ini menyesuaikan dengan keraton. Restoran ini berkonsep terbuka sehingga asyik banget bila mengunjunginya pada malam hari. Angin malam bikin acara santap menyantap makin bergairah.

Gudeg manggar, bestik jawa, selada djawa, kambing panggang adalah beberapa menu menggiurkan di restoran Bale Raos yang mesti kamu coba.

Kisaran harga: Rp100-200 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00.

Alamat: Jalan Magangan Kulon No.1, Panembahan, Kraton.

4. Kejawa Resto 

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!Kejawa Resto (instagram.com/kejawaresto)

Kejawa Resto memiliki dua area dining, di dalam dan di luar. Di area dalam restoran, kamu akan dimanjakan dengan interior klasik seperti bagian dalam rumah joglo. Sedangkan di luar, mata akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya taman.

Ikan bakar slengseng jadi menu andalan restoran Kejawa Resto. Bila mampir ke Kejawa Resto, jangan lupa mencicipi nikmatnya menu andalan tersebut ya!

Kisaran harga: Rp100-200 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 12.00-21.00.

Alamat: Jalan Shinta No.11, Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik.

5. The House of Raminten 

5 Restoran di Yogyakarta yang Kental Unsur Jawa, Tradisional Sekali!The House of Raminten (instagram.com/madecaesario)

Restoran satu ini sudah gak asing lagi di telinga para penikmat kuliner. Dapat dikatakan The House of Raminten merupakan resto yang namanya cukup terkenal di Yogyakarta. Sebab itu, restoran yang kental unsur Jawa ini tak pernah sepi penunjung.

Yang bikin menariknya lagi, The House of Raminten punya banyak sekali menu tradisional yang bikin penikmatnya bingung memilih. Di antara banyak menu tersebut, terdapat lezatnya soto raminten yang menghangatkan jiwa. Ada pula sekul songgo langit yang enak banget dinikmati ramai-ramai bareng keluarga.

Kisaran harga: Rp50-100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-21.00.

Alamat: Jalan Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman.

Kepengin kuliner di tempat yang kental unsur Jawa selama di Yogyakarta? Mampirlah ke lima restoran yang telah disebutkan tadi. Datang senang, pulang pun perut jadi kenyang!

Baca Juga: 6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner Enak

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya