Comscore Tracker

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan Tubuh

Bisa menggantikan protein hewani, andalan vegetarian

Apakah kamu sudah pernah mendengar nutrional yeast? Jika belum, nutrional yeast atay ragi nutri adalah jenis ragi yang dinonaktifkan. Nutrional yeast sering kali terbuat dari jamur Saccharomyces Cerevisiae. Biasanya produk ini dijual dalam bentuk bubuk bewarna kuning. Sebenarnya, nutrional yeast sudah sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian untuk memenuhi kebutuhan protein. Tak hanya itu, bubuk nutrional yeast juga dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan.

Di balik namanya yang masih terdengar asing di beberapa kalangan, nutrional yeast menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 7 manfaat mengonsumsi nutrional yeast bagi kesehatan tubuh. 

1. Meningkatkan energi tubuh

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/Meghan Holmes

Buat kamu yang sering merasa mudah lelah, mulailah untuk mengonsumsi nutrional yeast. Hal ini dikarenakan, nutrional yeast kaya akan kandungan vitamin B12. Jadi, tidak heran bila mengonsumsi nutrional yeast secara teratur dapat meningkatkan energi. Selain itu, vitamin B12 sangat baik dalam membentuk sel darah merah. Sehingga, rajin mengonsumsi nutrional yeast dapat mengurangi resiko terkena anemia.

2. Memiliki kandungan protein yang lengkap

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan Tubuhiheartvegetables.com

Melansir laman Womenshealth, buat kamu yang sedang berusaha mengurangi konsumsi hewani, namun merasa khawatir akan kekurangan protein. Tenang saja, nutrional yeast adalah produk yang bisa kamu konsumsi. Jika selama ini, belum sumber protein nabati belum memiliki kandungan yang lengkap seperti kandungan protein hewani. Beda halnya dengan nutrional yeast. Bahkan, kandungan protein yang ada dalam nutrional yeast dapat menjaga kesehatan otot kamu juga, lho. 

3. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhPexels.com/Luis Quintero

Saat ini, semua orang sangat peduli dengan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, tak jarang mereka merasa lelah mengonsumsi banyak sekali vitamin. Padahal, mengonsumsi nutrional yeast dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh juga. Ini dikarenakan, nutrional yeast mengandung senyawa beta-1,3 glucan, trehalose, mannan dan glutathione yang dimana semua zat ini sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat Roti

4. Melancarkan pencernaan

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhPexels.com/cottonbro

Probitotik yang terkandung di dalam nutrional yeast dapat memberikan efek positif bagi pasien penderita diare. Selain itu, nutrional yeast juga tidak memiliki kandungan susu. Sehingga, aman untuk dikonsumsi orang dengan intoleransi laktosa.

5. Membuat rambut, kuli dan kuku menjadi lebih sehat

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/Averie Woodard

Apakah kamu pusing dengan banyaknya jumlah perawatan yang harus dilakukan untuk rambut, kulit dan kuku? Padahal, rajin mengonsumsi nutrional yeast dapat menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku. Kandungan vitamin B yang ada pada nutrional yeast sangat baik bagi kesehatan rambut, kulit dan kuku. Khususnya, kandungan biotin yang ada pada vitamin B telah terbukti dapat membantu penuaan pada kulit. Tak hanya itu, kandungan niasin yang ada dalam nutrional yeast juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. 

6. Dapat meningkatkan mood dan meredakan stres

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/Franciele Cunha

Dalam sebuah penelitian terhadap atlet yang rajin mengonsumsi satu sendok makan nutrional yeast, dilaporkan merasa lebih tenang tidak tegang, bingung dan marah. Karena hal ini, para peneliti berpikir bahwa nutrional yeast, dapat menangkal efek negatif dari rasa stres. Tak hanya itu, studi lain juga menyatakan bahwa kandungan beta-glucan pada nutrional yeast membantu meningkatkan suasana hati pada wanita yang sedang stres.

7. Menjaga kesehatan bayi selama di dalam kandungan

7 Manfaat Nutrinional Yeast Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/Camylla Battani

Setiap ibu hamil pasti ingin memberikan yang terbaik bagi kandungannya. Nutrional yeast kaya dengan kandungan vitamin B, termasuk tiamin, riboflavin, vitamin B6 dan folat. Seperti yang sudah diketahui, folat sangat penting dalam mengurangi cacat lahir dan mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan janin.  

Ternyata nutrional yeast mengandung banyak sekali manfaat, bukan? Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu tidak perlu khawatir dengan cara memasaknya yang sulit. Cukup tambahkan bubuk nutrional yeast ke dalam makanan yang akan kamu konsumsi . Hal ini tidak akan membuat rasa dari makanan menjadi tidak enak. Justru, makanan yakan terasa lebih nikmat dan sehat. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Ragi untuk Membuat Roti, Cek biar Gak Salah Penggunaan

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya