Comscore Tracker

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba 

Jangan sampe gak mencicipi

Bulan Ramadan selalu identik dengan makanan-makanan khas daerah yang bermunculan saat-saat berbuka puasa. Dan biasanya pada bulan Ramadan di setiap daerah memiliki makanan daerahnya tersendiri yang hanya akan kita temui pada bulan suci tiba. Berikut enam makanan daerah yang muncul saat bulan penuh Ramadan:

1. Jejongkong

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/rumah_kue_tradisional

Jika kalian berpuasa di daerah Lampung, maka kalian akan menemui makanan khas Lampung ini dijual di pasaran untuk takjil berbuka puasa. Sebenarnya makanan ini mirip dengan bubur sumsum, namun di bungkus dengan daun pisang dan dikukus. Jika bubur sumsum dimasak terpisah dengan gula merah, maka jejongkong dimasak bersamaan dengan gula merah. Tidak heran ada campuran rasa manis dari gula merah dan rasa gurih dari santan yang dimasak. 

2. Lepat gayo

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/abizarmaliqzhafran

Lepat Gayo merupakan makanan khas Aceh yang akan sering kalian temui jika kalian berjalan-jalan sore hari pada bulan puasa di Aceh dan sekitarnya. Lepat gayo sebenarnya sama dengan lepat pada umumnya yang terbuat dari ketan, gula merah dan kelapa parut. Namun yang unik pada lepat gayo tersebut yaitu dapat disimpan dalam beberapa bulan dan tidak busuk sama sekali. 

3. Pakkat

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/kiranai

Pakkat merupakan makanan khas Tapanuli, Sumatra Utara. Jika kalian singgah di rumah makan di Kota Medan, maka kalian akan menemui makanan khas ini. Makanan ini terbuat dari rotan yang di potong-potong, namun rotan yang dipotong haruslah rotan muda yang sudah dibakar terlebih dahulu dan kemudian dimasak dengan dibumbui santan. Jangan heran walau bentuknya seperti lauk makan nasi, namun pakkat ini termasuk dalam takjil loh.

Baca Juga: 10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa

4. Kicak

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/mputz_putri

Makanan satu ini merupakan makanan khas Yogyakarta. Makanan yang memang populer di bulan puasa ini biasanya di jajakan di daerah Kauman. Kicak merupakan makanan yang tekenal dengan wangi khas dan rasa manisnya. Walaupun terbuat dari beras ketan yang dibentuk mirip dengan gemblong, namun kicak tidak mudah membuat kita kenyang.

5. Satu susu

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/dhaneeeeee

Jika kalian berpuasa di Kota Bali pasti akan beda rasanya dengan berpuasa di kota-kota lainnya di Indonesia. Walaupun di Bali mayoritas agama Hindu, tapi Bali memiliki makanan khas daerah yang akan muncul jika bulan Ramadan tiba. Ialah sate susu, jangan heran dengan namanya. Makanan ini diberi nama sate susu karena terbuat dari potongan payudara sapi. Masyarakat Bali percaya sate susu dapat menambah stamina saat berpuasa esok hari.

6. Mie glosor

6 Makanan Daerah di Indonesia yang Muncul Saat Ramadan Tiba Instagram.com/warungbogor_

Takjil yang paling laku diserbu warga Bogor ini terbuat dari mi kuning yang dimasak dengan sayur kol yang dipotong-potong, kemudian disantap dengan kuah kacang dan gorengan hangat. Dengan kuah kacang yang pedas inilah menambah kelezatan mi glosor untuk makanan berbuka puasa.

Wah, semuanya nampak lezat dan spesial karena hanya ditemukan saat bulan Ramadan. Yummy!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Sigit Prasetya Photo Writer Sigit Prasetya

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Sejarah di UHAMKA. gemar mendaki gunung dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya