Comscore Tracker

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan 

#IDNTimesFood Dijamin enak, murah, dan mudah membuatnya!

Nasi merupakan salah satu makanan pokok harian masyarakat Indonesia. Menjadi santapan sehari-hari, terkadang ada kelebihan nasi atau yang biasa kita sebut sebagai nasi sisa semalam. Dengan nasi sisa, biasanya kita masak ulang menjadi nasi goreng, bukan?

Nah, buat kamu yang merasa bosan dengan olahan itu melulu, ternyata nasi sisa dapat dikreasikan jadi berbagai camilan enak, lho. Berikut ini deretan resep olahan nasi sisa semalam yang nikmat buat dijadikan camilan murah meriah.

1. Kerupuk nasi

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan Kerupuk nasi (instagram.com/vy_viya)

Kamu cukup menyiapkan nasi sisa, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu. Pertama, rendam nasi sisa selama 2 jam, tiriskan lalu dihaluskan menggunakan blender.

Campurkan nasi halus tadi bersama bumbu-bumbu dan tepung tapioka secara merata hingga bisa dipulung. Bentuk nasi lonjong seperti pempek lenjer, kemudian direbus sampai mengapung dengan diberi sedikit minyak agar tidak lengket.

Letakkan di atas wadah, lalu masukkan ke dalam kulkas selama semalaman dan biarkan mengeras. Ambil adonan, lalu diiris tipis dan dijemur kering. Kemudian goreng sampai matang dan kerupuk nasi siap disajikan.

2. Cireng nasi

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan Cireng nasi (instagram.com/buchaskitchen)

Gak melulu terbuat dari tepung aci, kamu juga bisa kreasikan cireng dengan bahan dasar nasi. Siapkan bahan-bahan seperti nasi, bumbu-bumbu, dan tepung terigu.

Lalu bahan ini diolah menjadi satu hingga tercampur merata. Selanjutnya, goreng sampai matang berwarna kuning kecoklatan. Cireng nasi siap disajikan bareng cocolan sesuai selera.

3. Apem nasi

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan Apem nasi (instagram.com/dapur_mangacep)

Bosan dengan olahan nasi sisa yang bercita rasa asin gurih? Yuk, kali ini kita bikin apem nasi!

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti nasi, gula pasir, tepung terigu, tepung beras, vanili, pewarna makanan, santan, dan ragi instan.

Langkah membuatnya, blender nasi dengan sebagian santan hingga halus. Tuang ke dalam wadah, lalu masukkan tepung terigu, tepung beras, sisa santan, vanili, ragi instan, gula pasir, dan pewarna makanan, campur dan aduk hingga kalis.

Jangan lupa, tambahkan ragi dan aduk rata. Diamkan selama 45 menit, aduk lalu tuang ke dalam cetakan yang telah diolesi sedikit minyak.

Setelah itu, adonan siap untuk dikukus hingga matang. Rasanya manis gurih dan bertekstur kenyal, bisa banget buat kudapan harian.

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Nasi Asal Thailand, Ada Nasi Berwadah Nanas!

4. Kue lumpur nasi

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan Kue lumpur nasi (instagram.com/andrian_ei)

Identik dibuat menggunakan kentang, kue lumpur yang terbuat dari nasi pun rasanya tak kalah lezat, lho.

Siapkan bahan yakni nasi, gula pasir, tepung terigu, tepung tapioka, telur, santan, vanili, dan susu kental manis.

Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu proses sampai halus. Kemudian tuangkan ke dalam wadah dan beri margarin cair, aduk rata.

Panaskan cetakan, olesi dengan sedikit margarin. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan, panggang hingga berbuih lalu tambahkan topping kismis di atasnya.

Tutup cetakan dan biarkan di dalam oven panggang sampai matang. Voila! Kue lumpur nasi sudah siap untuk dinikmati bareng segelas teh hangat.

5. Sempol nasi

Gak Ada yang Mubazir, 5 Resep Olahan Nasi Sisa Semalam untuk Camilan Sempol nasi (instagram.com/rita_siucien)

Yuk, persiapkan bahan yang dibutuhkan yakni nasi, keju parut, telur, daun bawang, bawang putih bubuk, tepung bumbu instan, bumbu-bumbu, dan bawang goreng.

Uleg nasi menggunakan alat uleg yang dilapisi plastik. Lalu tuangkan nasi ke dalam wadah, campurkan dengan bahan lain serta bumbu. Aduk rata sambil diuleni hingga kalis.

Ambil adonan sempol secukupnya, lalu lilitkan ke tusukan sate sambil dikepal-kepal. Setelah itu, goreng sempol sampai matang.

Kira-kira, kreasi nasi apa yang ingin kamu coba lebih dahulu, nih? Dari yang gurih sampai manis semuanya bisa dipilih sesuai selera, nyamm!

Baca Juga: Resep Nasi Waffle Viral, Cara Unik Memanfaatkan Nasi Sisa

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya