Comscore Tracker

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktis

Gak kalah enak dengan yang ada di pasaran!

Saus tomat memang identik biasa dijadikan untuk pelengkap cocolan maupun sajian berkuah. Bahkan saus tomat tergolong mudah untuk ditemukan baik di rumah makan maupun di pasaran.

Namun buat kamu yang khawatir dengan kandungan saus tomat yang berada di pasaran. Kamu pun bisa membuat saus tomat sendiri di rumah, lho tentunya dengan bahan yang sama pula dan lebih menyehatkan.

Yuk, simak beberapa cara membuat saus tomat di rumah yang mudah untuk dipraktikkan!

1. Pilih tomat dengan kualitas baik

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktisberkeleywellness.com

Bahan dasar dalam membuat saus tomat adalah tomat yang masih segar. Gak hanya segar, lho. Namun tomat yang digunakan pun harus memiliki kualitas baik dengan ciri seperti, tomat punya warna merah tua yang merata dan punya tekstur masih dalam kondisi keras. Untuk jenis tomatnya sendiri kamu bisa memilih bentuk tomat yang lebih lonjong ataupun yang memiliki bentuk bulat gemuk. 

2. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktispestoforpennies.com

Nah setelah memilih tomat dengan kualitas yang baik. Kamu dapat membuat saus tomat dengan beberapa bahan yang harus diperlukan seperti yang berikut ini:

  • 5 buah cabai merah berukuran besar, buang bagian dalam dan bijinya
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • Air secukupnya 

3. Bersihkan dan rebus bahan saus tomat dengan benar

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktisonceuponachef.com

Penasaran bagaimana cara mencuci dan merebus bahan saus tomat dengan benar. Berikut tipsnya:

  1. Cuci tomat, cabai dan bawang putih dengan air mengalir. Jika sudah siapkan air di dalam panci lalu masukkan tomat yang sudah diberi sedikit sayatan, cabai dan bawang putih.
  2. Kemudian rebus hingga sedikit melunak. Setelah itu angkat dan tiriskan cabai dan bawang putih di dalam wadah yang berbeda. 

Baca Juga: 5 Makanan Lezat Berbahan Saus Tomat, Rekomendasi Makan Malam!

4. Pisahkan tomat dari kulitnya setelah direbus

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktismyrecipes.com

Selanjutnya pisahkan tomat yang sudah direbus dari kulitnya hingga bersih. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tekstur saus tomat yang halus. Kemudian setelah tomat dipisahkan dari kulitnya. Selanjutnya haluskan tomat, cabai merah, bawang putih dan air secukupnya dengan menggunakan blender hingga halus.

5. Masak saus tomat hingga matang mendidih

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktiscooking.nytimes.com

Setelah tomat dibersihkan dari kulitnya dan sudah dihaluskan. Selanjutnya adalah proses memasak saus tomat. Siapkan wajan di atas kompor. Kemudian nyalakan kompor dengan api sedang. Lalu masukkan bahan saus tomat yang sudah dihaluskan tadi dan masak hingga mendidih. Jika sudah mendidih kecilkan api, lalu beri bumbu garam dan gula pasir secukupnya. Sambil diaduk-aduk agar matang merata dan tidak gosong.

6. Kentalkan saus tomat dengan larutan tepung maizena

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktiscuisinevault.com

Agar menghasilkan tekstur saus tomat yang kental kamu bisa menambahkan larutan tepung maizena. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah. Di dalam wadah Kemudian, larutkan tepung maizena dengan lima sendok makan air.
  2. Lalu aduk hingga larut dan tidak menggumpal. Setelah itu masukkan larutan tepung maizena ke dalam saus tomat. Masak sebentar hingga meletup. Jika sudah matang, angkat dan di dinginkan.

7. Simpan saus tomat ke dalam wadah tertutup. Lalu masukkan ke dalam kulkas

7 Cara Membuat Saus Tomat Homemade yang Mudah dan Praktisthecookingfoodie.com

Jika saus tomat sudah dingin. Lalu masukkan saus tomat ke dalam wadah tertutup. Kamu bisa menggunakan wadah berbentuk jar ataupun botol. Namun ada hal yang harus kamu perhatikan nih sebelum memasukkannya ke dalam wadah, yakni pastikan kamu sudah mencuci bersih dan mensterilkan wadah yang akan digunakan. Nah, jika kamu menggunakan botol berbahan kaca kamu bisa mencucinya dengan menggunakan air panas terlebih dahulu ya. Kemudian setelah wadah kering masukkan saus tomat dan selanjutnya kamu bisa langsung menggunakannya atau kamu bisa juga menyimpannya ke dalam kulkas.

Nah, gimana mudah bukan cara membuat saus tomat homemade di atas. Dengan begitu saus tomat yang kamu konsumsi, dijamin deh kebersihannya. Selain itu kamu pun bisa juga menyesuaikan cita rasa saus tomat sesuai selera. Yuk, buat saus tomat sendiri di rumah!  

Baca Juga: 5 Makanan Ini Akan Semakin Terasa Lezat dengan Tambahan Saus Tomat

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya