Comscore Tracker

Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!

Coba bikin di rumah, yuk!

Bubur bassang merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan itu sudah sulit dan jarang  didapatkan. Menjamurnya makanan dengan inovasi dan kreasi yang lebih kekinian, seolah menggeser kehadiran bubur bassang.

Mengenai rasa, makanan yang berbahan dasar jagung itu memiliki cita raza yang lezat dengan beragam manfaat yang terkandung di dalamnya. Buat kamu yang penasaran ingin mencicipi, bisa buat sendiri di rumah kok dengan resep berikut ini. Keep scrolling!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!Unsplash/Tijana Drndarski
  • Jagung pulut (jagung putih/pulen)
  • 1 liter santan
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml air
  • 50 gram tepung beras (bisa menggunakan terigu)
  • 2 lembar daun pandan
  • Garam dan gula secukupnya

2. Persiapan sebelum membuat bassang

Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!instagram.com/luis_widarto

Pertama-tama, siapkan semua bahan. Lalu kupas jagung pulut dan bersihkan. Kemudian rendam jagung yang telah dibersihkan selama 12 jam atau bisa juga semalaman. Hal ini bertujuan agar jagung tidak keras dan menjadi empuk.

Baca Juga: Cara Membuat Bubur Sumsum, Nikmat dan Praktis! 

3. Cara membuat bubur bassang

Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!Dok.Pribadi/Andini

1.  Ambil jagung yang telah drendam semalaman, lalu tiriskan

2.  Rebus jagung pulut hingga empuk. Kamu  bisa sesekali menambahkan air jika air  rebusan sudah berkurang namun jagung belum empuk.

3.  Jika dirasa jagung sudah empuk, masukkan santan dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah.

4.  Ambil 50 gram tepung beras, larutkan ke dalam 100 ml air. Setelah itu tambahkan ke dalam rebusan jagung dan aduk rata hingga mengental.

5.  Tambahkan garam secukupnya, kemudian aduk rata sampai bubur bassang matang (biasanya adonan akan meletup-letup). Lalu matikan kompor.

6.  Angkat dan sajikan bassang dengan menambahkan santan kental dan taburan gula sebagai pemanis. Bubur bassang paling nikmat disantap saat hangat, ya!

4. Manfaat yang terkandung dalam sajian bubur bassang

Resep Bubur Bassang, Makanan Khas Makassar yang Terancam Punah!Dok.Pribadi/Andini

Bassang umumnya dikonsumsi saat pagi hari sebagai alternatif untuk sarapan. Karena terbuat dari jagung yang mengandung karbohidrat dan vitamin, bassang dapat menjadi sumber energi yang baik agar semangat dan bertenaga saat beraktivitas. Selain itu, bahan jagung juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang diet. Banyak sekali bukan, manfaatnya?

Bagaimana, tertarik untuk membuat sendiri bassang di rumah? Kamu tidak hanya akan merasakan makanan yang lezat, tapi juga sudah ikut melestarikan salah satu makanan khas Nusantara.

Baca Juga: 5 Inspirasi Membuat Es Campur Menggunakan Bubur Manis

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

No matter who we are. We have right to make a change.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya