Comscore Tracker

Tips Memasak Lobster dan Cara Mengolahnya biar Rasanya Mantap 

Sayang kalau sudah beli mahal-mahal, tapi masaknya salah

Lobster merupakan makanan laut yang belakangan semakin populer dan diminati banyak orang. Hewan bercapit ini juga dikenal sebagai makanan premium, karena harganya cukup mahal.

Karena harganya yang gak murah, cara mengolah lobster pun gak bisa sembarangan. Salah mengolah bisa membuat lobster gak lezat saat dikonsumsi. Alhasil biaya yang kamu keluarkan pun jadi sia-sia.

Nah, supaya gak salah dalam mengolahnya, ada beberapa tips memasak lobster yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Rebus sebentar sebelum dikupas dan diolah

Tips Memasak Lobster dan Cara Mengolahnya biar Rasanya Mantap ignboards.com

Cara termudah untuk mengolah lobster adalah dengan merebusnya dulu sebelum dipotong dan dikupas. Teknik ini disebut parboiled, yakni merebus bahan masakan, tetapi tidak sampai matang.

Proses parboiled akan membuat daging lobster mudah lepas dari cangkangnya, sehingga mempersingkat waktu pada saat diolah. Pertama, didihkan air secukupnya dalam panci. Pastikan air benar-benar mendidih ya.

Setelah itu, masukkan lobster ke dalam panci secara perlahan. Untuk ukuran lobster di bawah 500 gram, kamu bisa merebusnya selama 6-8 menit.

Sedangkan, untuk lobster besar di atas 1 kg, kamu bisa merebusnya selama 10-12 menit. Waktu ini dihitung saat airnya sudah mendidih.

Kalau sudah, angkat lobster dan langsung siram atau bilas dengan air dingin mengalir. Tujuannya untuk memberhentikan proses masak.

2. Cara memotong atau membelah lobster

Tips Memasak Lobster dan Cara Mengolahnya biar Rasanya Mantap youtube.com/Devina Hermawan

Proses yang agak sulit adalah memotong atau membelah lobster. Proses ini gak bisa sembarangan, karena kalau salah, daging lobster bisa hancur dan susah diolah.

Pertama, letakkan lobster yang sudah dibilas dengan air dingin tadi di atas talenan. Siapkan pisau yang besar dan tajam. Bagian pertama yang harus dipotong adalah kepalanya.

Tusuk bagian tengah kepala dengan ujung atas pisau. Tujuannya supaya kamu memiliki ancang-ancang untuk membelah bagian lain. Setelah ditusuk, baru teruskan membelah hingga ke bawah. Setelah itu, belah hingga bagian belakang.

Kamu bisa menggunakan bantuan kain serbet untuk memegang kepala lobster jika terasa tajam. Setelah benar-benar terbelah, lobster siap diolah menjadi berbagai macam masakan.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Nasi Kuning dengan Rice Cooker, Tetap Pulen dan Gurih!

3. Tips memasak lobster setelah dipotong

Tips Memasak Lobster dan Cara Mengolahnya biar Rasanya Mantap saveur.com

Cara termudah untuk menikmati lobster sebenarnya cukup direbus. Lobster rebus memiliki kelebihan, salah satunya kita bisa merasakan tekstur dan cita rasa dagingnya yang juicy tanpa tercampur bumbu lainnya.

Jika ingin menikmat lobster rebus, kamu cukup memperpanjang proses merebus tadi lima menit lebih lama supaya mencapai titik well done. Setelah itu, lobster bisa langsung dibelah dan dinikmati.

Selain direbus, kamu juga bisa menikmati lobster dengan cara dipanggang. Setelah proses praboiled dan proses memotong, lobster bisa dipanggang dengan dibalur berbagai bumbu pilihanmu. 

Nah, itulah tips dan cara memasak lobster yang tepat. Dengan cara di atas, kamu bisa mendapatkan kualitas rasa dan tekstur lobster yang pas. Mantul abis!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Gurami Bakar yang Enak, Bumbunya Meresap Sempurna

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya