Comscore Tracker

Tips Memasak Paru Sapi yang Enak, Begini Cara Mudahnya

Ada cara agar paru tidak amis dan tetap kenyal

Ada banyak jeroan sapi yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Salah satunya paru sapi. Jeroan yang satu ini cukup populer dan disukai banyak orang.

Paru sapi dikenal memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang gurih. Paru sapi kerap diolah menjadi berbagai menu masakan. Namun, jika tidak diolah dengan tepat, paru sapi bisa meninggalkan bau yang amis.

Butuh trik dan cara khusus dalam memasak paru sapi agar tidak meninggalkan bau amis. Nah, jika kamu ingin memasak paru sapi, berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan.

1. Cara membersihkan paru sapi dengan benar

Tips Memasak Paru Sapi yang Enak, Begini Cara Mudahnyapracticalselfreliance.com

Sebelum diolah, paru sapi wajib dicuci hingga bersih. Kamu cukup mencucinya dengan air bersih mengalir, sembari digosok dengan jari supaya kotorannya meluruh.

Perhatikan pula bagian otot-otot yang berlubang. Biasanya terdapat kotoran seperti pasir yang masuk, sehingga juga harus dibersihkan perlahan. Setelah dibersihkan, paru sapi siap diolah.

2. Rebus sebentar untuk menghilangkan bau amis

Tips Memasak Paru Sapi yang Enak, Begini Cara Mudahnyaignboards.com

Nah, setelah paru dibersihkan, kamu perlu merebusnya sebentar untuk menghilangkan bau amis. Cara ini disebut juga parboiled, yakni merebus bahan masakan, tapi tidak sampai matang.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk merebus paru sapi adalah tiga batang sereh geprek, 3 lembar daun salam, selembar daun jeruk, 1 ruas jahe geprek, 1 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, dan air secukupnya.

Pertama, potong paru menjadi 2-4 bagian. Rebus air, masukkan sereh, jahe, daun salam, daun jeruk, garam, dan merica bubuk. Setelah itu, masukkan paru yang sudah dipotong.

Rebus hingga air mendidih dan paru sapi setengah matang. Kalau sudah, angkat dan tiriskan. Paru sapi siap diolah atau bisa disimpan dalam wadah tertutup jika tidak ingin langsung dimasak.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Babat Sapi biar Empuk dan Gak Bau, Coba Yuk!

3. Potong dadu atau iris tipis agar teksturnya tetap terjaga

Tips Memasak Paru Sapi yang Enak, Begini Cara Mudahnyacitarasaindonesia.co.id

Kamu bisa memotong paru sapi secara dadu atau diiris tipis. Tujuannya untuk mengecek apakah ada bagian yang masih keras atau tidak.

Saat mengiris, jika ada bagian keras berupa otot saluran udara, kamu bisa membuangnya. Bagian ini yang sering membuat paru keras dan merusak tekstur.

Selain itu, memotong dadu atau mengiris tipis juga membuat paru bisa menyerap bumbu dengan sempurna. Setelah itu, paru sapi siap diolah menjadi masakan yang lezat sesuai selera. 

Nah, itulah beberapa tips memasak paru sapi yang mudah diterapkan. Olahan paru sapimu jadi lebih nikmat dan empuk, deh. Selamat mempraktikkan!

Baca Juga: 7 Tips Memilih dan Mengolah Hati Sapi biar Gak Hancur, Tanpa Bau Amis

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya