Comscore Tracker

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang 

Salah satunya menghaluskan sambal dengan blender

Ada yang mengatakan, makan tanpa sambal bikin cita rasa masakan jadi hambar. Ungkapan tersebut gak salah lho mengingat sambal jadi salah satu pendamping makanan favorit orang Indonesia karenanya banyak orang kerap membuat sambal sendiri di rumah.

Walau begitu, membuat sambal terbilang cukup gampang-gampang susah. Meski sepintas, cara membuat sambal hanya begitu-begitu saja. Salah sedikit saja saat membuatnya bisa-bisa menghancurkan keseluruhan rasa dari sambal itu sendiri.

Sebelum membuat sambal di rumah, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui beberapa kesalahan membuat sambal yang sering dilakukan berikut ini.

1. Menggunakan bahan dasar yang tidak segar akan memengaruhi keseluruhan rasa sambal. Karenanya perhatikan betul bahan yang kamu pilih 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi bahan untuk membuat sambal (thewoksoflife.com)

2. Bahan sambal biasanya dicuci lalu digoreng. Bahan yang tidak dikeringkan akan menimbulkan percikan antara minyak dan air. Bisa bahaya, lho!

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi menggoreng bahan untuk sambal (instagram.com/joyritchie_pdg)

3. Selain tidak dikeringkan, tidak memotong cabai juga memicu letusan pada cabai saat digoreng. Sepele tapi bisa bikin dapur jadi berantakan 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi memotong cabai (myrecipes.com)

4. Membuang biji cabai karena dianggap mengganggu dan merusak tekstur sambal. Padahal rasa pedas cabai terletak pada biji bukan kulitnya 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi membuang biji cabai (youtube.com/Clifton Chilli Club)

5. Menghaluskan bahan sambal dengan blender. Duh, dikira lebih cepat padahal bikin sambal kurang nikmat karena sudah dicampur air 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi menghaluskan sambal dengan blender (epicurious.com)

Baca Juga: 10 Tips Membuat Sambal agar Gak Cepat Basi, Awet sampai Beberapa Hari

6. Tidak menambahkan bumbu lain seperti gula atau garam. Sambal memang identik dengan pedas. Tapi butuh bahan lain agar rasanya seimbang

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi gula dan garam (healthdigest.com)

7. Gak membakar terasi terlebih dulu. Aroma dan rasa terasi akan keluar setelah dibakar. Ini lho salah satu rahasia sambal jadi makin nendang

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi terasi (instagram.com/terasibe.en)

8. Menggunakan minyak yang terlalu banyak saat memasak sambal. Sambal bakal jadi terlalu berminyak dan rasanya kurang sedap 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi menggoreng sambal dengan minyak (asianfoodnetwork.com)

9. Memasak dengan api besar dibanding dengan api kecil. Api besar gak mempercepat proses sambal jadi matang justru malah jadi gosong 

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi menggunakan api besar saat memasak sambal (pexels.com/Gary Barnes)

10. Langsung menyimpan sambal begitu matang. Ini dia nih yang bikin sambal jadi cepat basi. Sebaiknya tunggu sebentar baru disimpan rapat, ya!

10 Kesalahan dalam Membuat Sambal, Bikin Rasanya Kurang Nendang ilustrasi sambal di dalam wadah (instagram.com/nanaanastasianasta)

Memang cukup tricky sekali ya dalam membuat sambal. Tapi, setelah mengetahui beberapa kesalahan di atas semoga gak akan kamu ulangi lagi ke depannya, deh. Coba dihindari ya guys agar sambal buatanmu terasa makin nendang.

Baca Juga: Resep Sambal Bunga Bawang, Rasa Pedas Sambalnya Auto Bikin Nagih

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya