Resep Takjil Segar Puding Buah Naga, Praktis Banget!

#RamadanMasaKini Perut kenyang, tubuh sehat

Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak dicari karena memiliki rasa yang nikmat. Ciri khas yang dimiliki buah ini adalah manis dan segar, membuat buah naga sering diburu untuk dijadikan salah satu hidangan dalam berbuka puasa.

Selain dapat dibuat menjadi jus yang menyegarkan, buah naga juga bisa disulap menjadi puding. Cara membuatnya juga cukup praktis sehingga kamu tidak perlu repot. Nah, berikut ini resep praktis dari puding buah naga. Check its out!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Takjil Segar Puding Buah Naga, Praktis Banget!unsplash.com/Nikolai Chernichenko
  • 1 buah naga yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • Jelly secukupnya
  • 120 gram gula pasir (boleh ditambahkan atau dikurangi sesuai selera)
  • 1/2 sedok teh vanili bubuk
  • Garam secukupnya (bisa tidak digunakan)
  • 100 ml air matang
  • 250 ml susu UHT

2. Cara membuat puding buah naga

Resep Takjil Segar Puding Buah Naga, Praktis Banget!unsplash.com/Alexandra Andersson

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memblender buah naga yang telah dibersihkan. Bisa ditampahkan sedikit air agar hasil blender tidak terlalu mengental. Perhatikan agar hasil blender tersebut jangan sampai terlalu halus. Sisihkan beberapa bagian dari buah naga dengan dipotong kotak-kotak.

Kemudian tuangkan ke dalam wadah bahan-bahan seperti agar-agar, jelly, gula pasir, vanili, garam dan susu UHT. Semua bahan dalam wadah tersebut diaduk hingga tercampur secara merata. Selanjutnya dimasak hingga mendidih menggunakan api sedang.

Setelah mendidih, masukan buah naga yang sudah diblender kemudian dicampur hingga merata. Selanjutnya bahan-bahan tersebut siap dituang dan dicetak.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Naga Segar, Cocok untuk Minuman Berbuka

3. Cara penyajian puding

Resep Takjil Segar Puding Buah Naga, Praktis Banget!instagram.com/rahmi.handayani

Cara penyajian dari puding buah naga sangatlah muda. Bahan-bahan yang telah tercampur merata dituang dalam cetakan. Kamu bisa berkreasi dengan model dan bentuk-bentuk cetakan sesuai dengan keinginanmu. Tunggu hingga sedikit dingin dan masukan dalam lemari es selama 1 jam agar puding makin terasa segar.

Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan sisa buah naga yang telah dipotong kotak-kotak, atau bisa juga dengan menambahkan beberapa topping lainnya sesuai dengan seleramu. Agar terlihat lebih menarik dan nikmat, kamu bisa membuat puding tersebut dengan beberapa lapis misalnya menambahkan puding mangga ataupun buah lainnya dengan cara pembuatan yang sama.

4. Kandungan gizi dan manfaat dari buah naga

Resep Takjil Segar Puding Buah Naga, Praktis Banget!unsplash.com/Pontus Ohlsson

Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Hal ini karena selain memiliki rasa yang enak dan cukup digemari masyarakat, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa buah naga memiliki khasiat yang berguna untuk kesehatan manusia serta dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi sehari-hari. 

Kandungan zat gizi yang dimiliki buah naga seperti fenol, flavonoid, vitamin C dan betasianin yang berperan sebagai antioksidan dan mampu melawan radikal bebas. Selain itu buah naga juga memiliki kandungan vitamin B3 (niasin) yang mampu menurunkan kolesterol, serat, MUFA (monounsaturated fatty acid), dan PUFA (polyunsaturated fatty acid). Tak hanya itu, kandungan protein yang dimiliki buah naga merah mampu melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah resep praktis dari puding buah naga. Mudah banget kan? Tunggu apa lagi nih, cobalah dan buat buka puasamu semakin menyegarkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You