Comscore Tracker

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!

Ide jualan, rasanya enak untungnya banyak

Siapa yang tak suka ayam goreng tepung? Makanan sejuta umat ini selalu digandrungi banyak kalangan. Apalagi saat ini, banyak restoran cepat saji yang menjual menu utamanya berupa ayam goreng tepung.

Bagi kamu yang berminat membuka usaha ayam goreng tepung untuk ide jualan, kamu bisa mengikuti resep dan langkah-langkah di bawah ini. Hanya perlu sedikit bahan dan bumbu saja untuk menghasilkan olahan ayam tepung yang sedap dan gurih. Rasanya enak, untungnya juga banyak. Yuk, simak sama-sama!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!ilustrasi daging ayam (freepik.com/jcomp)

  • 1/2 ekor daging ayam
  • 1/2 kg tepung terigu 
  • 1/4 tepung beras
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 butir telur ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya 
  • Merica bubuk secukupnya 
  • Minyak goreng secukupnya

2. Bumbui daging ayam

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!ilustrasi membumbui daging ayam (freepik.com/BalashMirzabey)

Potong-potong daging ayam menjadi enam bagian. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan daging ayam selama 20 menit. Bolak balik terlebih dahulu agar air jeruk nipis melumuri daging secara merata.

Jika sudah, cuci bersih ayam dan beri bumbu berupa bawang putih halus, garam, serta merica bubuk. Kalau daging sudah berlumur bumbu, diamkan di dalam lemari es selama satu jam-an.

Baca Juga: 6 Resep Ayam Goreng Tepung Kekinian, Lezatnya Mantap Nian

3. Buat balurannya

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!membuat ayam goreng tepung (youtube.com/Devina Hermawan)

Masukan sedikit tepung terigu dan tepung beras ke dalam wadah. Beri air secukupnya lalu aduk. Supaya hasilnya lebih renyah, gunakan air es, ya. Setelah itu sisihkan adonan baluran basah terlebih dahulu.

Kalau sudah membuat yang basah, saatnya membuat baluran yang kering. Caranya sama, campurkan tepung terigu dan tepung beras. Kemudian beri garam secukupnya. Aduk-aduk sampai merata.

4. Goreng ayam

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!membuat ayam goreng tepung (youtube.com/Devina Hermawan)

Ambil daging ayam dari dalam lemari es. Siapkan telur yang sudah dikocok. Masukan daging ayam ke dalam kocokan telur. Selanjutnya, masukan ayam ke dalam adonan baluran basah lalu kering.

Cubit-cubit daging ayam supaya tepungnya lebih renyah. Jika semua daging ayam sudah berlumur tepung, panaskan minyak. Goreng dengan api sedang hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

5. Ayam goreng tepung siap disantap

Resep Ayam Goreng Tepung untuk Ide Jualan, Cuma Pakai 3 Bumbu Saja!ilustrasi ayam goreng tepung (freepik.com/jcomp)

Apabila sudah matang, angkat dan tiriskan ayam goreng tepung. Biasanya ayam goreng tepung dijual dengan tambahan saus tomat atau sambal.

Selain itu, kamu juga bisa menjualnya dengan varian ayam geprek, lho. Tinggal tumbuk dan campur dengan sambal bawang, jadi deh!

Semoga resep ayam goreng tepung untuk ide jualan di atas bisa bermanfaat. Soal rasa, dijamin gak bakal kalah enak dengan ayam goreng tepung restoran!

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Tepung Saus Tiram, Menu Simpel Anak Kos!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya