Comscore Tracker

Lezat, Ini Resep Mudah Membuat Selai Stroberi di Rumah

Hemat, gak perlu beli selai lagi

Selai merupakan olahan buah yang dimasak, kemudian dikentalkan. Kegunaan selai juga bermacam-macam, sebagai bahan isian atau olesan roti, topping es krim, yogurt dan masih banyak olahan kreatif lainnya.

Disadari atau tidak selai kemasan yang dijual di supermarket harganya mahal dan jumlahnya juga sedikit. Cepat habis! Apalagi jika selai sering dijadikan camilan. Nah, siapa yang punya kebiasaan seperti ini?

Untuk penghematan coba deh resep selai stroberi di bawah ini guys. Bahan yang digunakan simpel dan cara membuatnya juga mudah, hanya perlu tiga langkah.

Simak ya!

1. Bahan membuat selai stroberi

Lezat, Ini Resep Mudah Membuat Selai Stroberi di Rumahpixabay/Pezibear
  • 250 gram stroberi segar
  • 250 gram gula pasir
  • 1 buah lemon, ambil airnya

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Seitan, Steak Enak Pengganti Daging untuk Vegetarian

2. Cara membuat selai stroberi

Lezat, Ini Resep Mudah Membuat Selai Stroberi di Rumahpixabay/SplitShire
  • Potong stroberi jika dirasa terlalu besar, hal ini dilakukan supaya stroberi cepat lunak. Masukkan stroberi dan jus lemon ke dalam wajan, aduk sampai stroberi lunak, lebih baik gunakan api kecil. Setelah lunak dan hancur, masukkan gula dan aduk kembali hingga gula larut, jangan sampai gosong, aduk terus perlahan.
  • Setelah gula larut, didihkan selama kurang lebih 6 menit, setelah itu untuk menguji apakah selai sudah matang, ambil sedikit selai lalu tuang pada piring yang telah didinginkan di dalam freezer dan biarkan sebentar, lalu dorong atau tekan selai dengan jari. Jika sudah mengental dan tidak cair seperti air, tandanya selai telah matang.
  • Sisihkan wajan dan biarkan selai dingin, setelah itu masukkan ke dalam botol yang telah disterilisasi dan tutup rapat. Pastikan sebelum ditutup, selai dalam keadaan dingin dan bebas uap panas, agar penyimpanannya dapat bertahan lama.

3. Tips membuat selai stroberi

Lezat, Ini Resep Mudah Membuat Selai Stroberi di Rumahunsplash/Monika Grabkowska
  • Bersihkan stroberi, hilangkan bagian daun hijaunya, cuci dan tiriskan hingga kering.
  • Jika dirasa kurang manis bisa menambahkan gula dan begitu juga sebaliknya jika tidak suka terlalu asam bisa memasukkan sedikit air lemon.
  • Cara mensterilisasi botol kaca: 
    Siapkan panci besar beserta tutupnya, isi air kemudian masukkan botol dan pastikan botol kaca terendam air lalu tutup pancinya. nyalakan kompor dan biarkan air mendidih selama 5 menit. Setelah itu angkat botol menggunakan jepitan lalu letakkan pada lap bersih dan biarkan hingga kering.
  • Hindari memasukkan botol kaca saat air telah mendidih, perbedaan suhu air dan suhu botol dapat menyebabkan botol kaca pecah. So hati-hati ya!

Mudah kan? Hanya perlu tiga bahan dan tiga tahap pengolahan. Yuk buat selaimu sendiri!

Baca Juga: 7 Resep Masakan Italia buat Pemula, Gak Kalah Enak Sama Restoran Mewah

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You