Comscore Tracker

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan Warkop

Cocok buat santap sahur ini!

Banyak orang, khususnya anak rantau, bilang kalau mie rebus buatan warkop itu lebih enak dari mie rebus buatan sendiri. Dan banyak orang yang pernah mencoba mie rebus buatan warkop mengamini hal tersebut.

Kira-kira kenapa, ya? Padahal mie instan yang dijual di warkop sama dengan mie instan yang selalu menyelamatkan kita di akhir bulan. Bahan pelengkapnya pun nggak mewah-mewah amat, cuma sawi sama telur. Udah itu aja.

Daripada kamu terus-terusan kepikiran sampai susah tidur, IDN Times akan membagikan tips agar mie rebus buatan kamu bisa seenak dan semantap jiwa mie rebus buatan warkop. Catat, ya!

1. Pastikan air benar-benar mendidih

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan Warkoppicdn.net

First thing first, pastikan kalau air yang akan kamu pakai untuk merebus mie instan benar-benar sudah mendidih. Air yang digunakan kira-kira sepertiga dari tinggi panci atau setara dengan 300-400 ml. Kalau ditakar menggunakan gelas, maka banyaknya air yang kamu butuhkan sekitar 2 gelas.

2. Jangan aduk bumbu dan irisan cabe rawit di dalam mangkok

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan WarkopFlora and Fauna

Sambil nunggu air rebusan mendidih, masukkan bumbu, bubuk cabe, dan minyak bawang ke dalam mangkok. Kalau kamu suka yang pedes-pedes, boleh kok ditambahin irisan cabe rawit.

Perlu dicatat nih, haram hukumnya buat kamu ngaduk bumbu mie instan hingga terlihat seperti pasta basah. Kamu hanya boleh mengaduk bumbunya bersamaan dengan mie dan segala kondimennya.

Baca Juga: Tempat Makan Mie Ayam & Mie Yamin Enak di Kota Bogor, Maknyus!

3. Masak semua elemen penting secara berurutan

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan Warkopeggs.ca

Setelah airnya sudah mendidih, kecilkan api dan masukkan telur ke dalam panci. Tindakan ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi isi panci yang meluber kemana-mana. Dan yang paling penting adalah jangan sampai bagian kuning dari telurnya pecah.

Jika telurnya sudah terlihat cukup set, tambahkan irisan sawi, dan mie instan. Jangan diaduk. Kamu baru boleh membalikkan mie saat mie sudah setengah matang. Ini adalah trik yang sama yang dipakai oleh abang-abang warkop saat membuat mie rebus.

4. Angkat dan masukkan semua elemen penting ke dalam mangkok

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan Warkoplatimes.com

Setelah mie matang, baru deh kamu bisa mematikan kompor dan memindahkan mie, telur, dan sawi ke dalam mangkok berisi bumbu dan irisan cabe rawit tadi. Ingat ya, hanya masukkan mie, telur, dan sawi ke dalam mangkok dan jangan diaduk.

5. Jangan gunakan air rebusan untuk kuahnya

Tips Agar Mie Rebus Buatan Kamu Seenak Olahan Warkoppopular-world.com

Yap, kita di sini tidak menggunakan air rebusan mie sebagai kuahnya. Sebagai gantinya, kita akan menggunakan sedikit saja air panas untuk kuahnya. Intinya jangan sampai mie terendam oleh kuah agar bumbunya lebih nendang.

Voila! Sekarang gak perlu jauh-jauh ke warkop buat nikmatin mie rebus. Cocok banget nih buat dijadikan santap sahur kamu.

Baca Juga: Resep Indomie Goreng Telur yang Lagi Viral, Berani Tantang Lidahmu?

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Ernia Karina

Just For You