Comscore Tracker

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!

Bisa jadi inspirasi menu rumahan favorit keluarga, ya

Berbicara mengenai menu sup tentunya ada banyak sekali inspirasi menu yang bisa dipilih. Dari beragam sajian sup, ada beragam bahan-bahan pula yang bisa dipilih sesuai selera.

Salah satu menu sup andalan yang bisa dicoba adalah sajian sup ikan kod yang menggugah selera. Penggunaan ikan kod sebagai bahan sangat cocok untuk disajikan, sebab menampilkan cita rasa lezat degan tampilan menarik dari ikan berdaging putih ini. Bila tertarik membuatnya, kamu bisa mencoba resep mudahnya yang berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!ilustrasi ikan kod (mashed.com)

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 ikan kod fillet tanpa tulang
  • 9 wadah air
  • 3 kentang medium yang dipotong-potong
  • 2 wortel yang diiris tipis
  • 1/2 bawang bombay medium yang diiris tipis
  • 2 seledri yang diiris tipis
  • 2 sendok makan minyak alpukat
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 1 daun bay
  • 2 sendok makan parsley segar
  • 1 sendok makan perasan jus lemon
  • Garam dan lada secukupnya

2. Merebus kentang dan wortel dalam air mendidih

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!ilustrasi kentang dan wortel (thailand1dollarmeals.com)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan semua bahan telah dipotong-potong sesuai ukuran. Jika sudah, sisihkan bahan-bahan pada satu wadah agar mudah dalam proses pengolahannya.

Kamu dapat mulai mendidihkan air pada panci. Ketika sudah mulai mendidih masukkan potongan kentang dan wortel ke dalamnya. Biarkan dua bahan tersebut terebus dengan maksimal hingga teksturnya lembut, lalu sisihkan.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod bagi Anak, Penting untuk Kesehatan

3. Menumis seledri dan bawang dengan menggunakan minyak alpukat

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!ilustrasi menumis bawang (thespruceeats.com)

Proses pengolahan dapat dilakukan kembali dengan mempersiapkan wajan dengan minyak alpukat. Sebetulnya kamu juga bisa menggunakan minyak jenis lain sesuai selera masing-masing.

Tumislah seledri dan bawang dalam wajan tersebut selama kurang lebih 7 menit hingga aromanya harum. Jika sudah, sisihkan sejenak dan masukkan ke dalam rebusan sup.

4. Tambahkan potongan ikan kod dan sisa bahan ke dalam sup

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!ilustrasi cod soup (food.com)

Untuk membuat menu ini menjadi lebih lengkap, kamu dapat menambahkan ikan kod dan bawang putih cincang ke dalamnya. Khusus untuk ikan kod yang digunakan sebaiknya dapat menggunakan irisan yang lebih kecil.

Pastikan kamu telah melakukan fillet pada ikan kod sehingga bebas dari duri. Jika sudah, masukkan pula parlsey, daun bay, dan perasa lemon. Lalu, taburi dengan garam dan lada secukupnya. Proses pemasakan ini akan memakan waktu sekitar 7 menit hingga ikan matang sempurna.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Sup Ikan Kod yang Mudah Dibuat, Kuah Lezat dengan Beragam Isian!ilustrasi cod soup (yummytemple.com)

Kamu dapat memastikan kematangan ikan kod dengan cara mengecek teksturnya. Selain itu, kamu juga bisa menyicipi menu ini untuk memastikan bahwa cita rasanya telah pas.

Jika semuanya sudah dirasa pas, maka kamu dapat langsung menyajikan menu ini selagi hangat. Penyajian sup ikan kod ini bisa dilakukan dengan sepiring nasi atau pun roti.

Ternyata tak sulit membuat sajian sup ikan kod yang penuh dengan cita rasa menarik. Olahan ini juga sangat menggugah selera sebab bahan-bahan dan bumbu di dalamnya. Bisa jadi inspirasi menu rumahan, ya!

Baca Juga: Resep Sup Bihun dengan Bakso Ikan, Nikmat Disantap Selagi Hangat

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya