Comscore Tracker

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihan

Masakan nusantara memang enak-enak, ya

Dalam bahasa Ngaju, juhu artinya masakan berkuah. Sedangkan singkah artinya umbut yang mengacu pada batang rotan yang masih muda. Tapi kali ini rotan bisa dibuat masakan yang enak, lho.

Juhu singkah merupakan kuliner khas Dayak yang berada di provinsi Kalimantan Tengah. Masakan ini dikenal berbahan umbut rotan (rotan muda) dan sangat populer karena memiliki rasa perpaduan antara gurih dan asam, sehingga sangat banyak penikmatnya.

Hidangan juhu singkah seringkali dimasak bersama ikan baung atau patin dan terong asam. Maka dari itu, kuliner rotan khas Dayak ini memiliki cita rasa tersendiri diantara masakan nusantara lainnya.

Bila dibuat penasarandengan kuliner khas Dayak ini, berikut cara pengolahannya yang bisa kamu coba di rumah, tanpa perlu pergi jauh ke Kalimantan Tengah.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihaninstagram.com/joko_hidayati

Bahan-bahan:

  • 1 ikat umbut rotan
  • 1/2 biji terong asam
  • Ikan patin
  • 1 ikat kacang panjang (sesuai selera)

Bahan bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • Seruas jahe
  • 4 biji kemiri
  • 3 cm kunyit
  • Garam secukupnya
  • Air matang

2. Siapkan semua bahan termasuk bumbu halus

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihanfortheloveofcooking.net

Siapkan semua bahan. Lalu, haluskan bumbu kuning. Setelah bumbu kuning yang dihaluskan sudah siap, selanjutnya adalah cuci bersih ikan patin. Marinasikan bumbu kuning tadi dengan ikan yang sudah dicuci bersih.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Nila yang Lezat, Mudah, dan Bikin Nagih 

3. Setelah semua bahan siap, masukkan ke dalam air rebusan

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihanabcdsofcooking.com

Iris setengah biji terong asam (rembang). Lalu potong kacang panjang dan umbut rotan. Setelah itu, cuci direndaman air. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan umbut rotan dan terong asam. Tutup panci agar matang lebih cepat.

4. Masak hingga mendidih dan matang

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihaninfopublik.id

Masukkan kacang panjang dan juga ikan patin beserta bumbu halusnya ke dalam rebusan umbut rotan. Jangan lupa untuk menambahkan garam, ya. Masak hingga mendidih. Bila ikan sudah matang, koreksi rasa terlebih dahulu.

5. Sajikan ke dalam mangkuk

Resep Juhu Singkah, Kuliner Khas Dayak yang Bikin Ketagihaninstagram.com/rahmiyuniarti

Jika rasanya sudah dirasa pas, langsung angkat ikan tadi dari wajan. Sajikan dalam mangkuk saji. Nikmati hidangan ini bersama nasi hangat dan juga sambal, agar rasanya makin menggugah selera.

Mudah sekali, kan membuatnya? Selain lezat, umbut rotan juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk berbagai penyakit, terutama pada hipertensi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Tenggiri yang Rasa Bumbunya Khas Nusantara Banget!

Gebialya Raa Photo Verified Writer Gebialya Raa

Good leadership is teaching ordinary people to be able to do the work of extraordinary people. -John D. Rockefeller //FOUNDER//

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya