Comscore Tracker

Resep Dasar Nasi Goreng Paling Gampang, Pas Buat Anak Kosan!

Gak pakai bumbu instan dong~

Anak kosan pasti identik dengan hal-hal yang berbau instan, gak terkecuali dalam soal makanan. Alih-alih jajan di luar melulu, sebenarnya ada banyak makanan yang gampang dimasak sendiri lho di kosan. Bahannya mudah, murah, dan waktu memasaknya gak lama.

Salah satu masakan paling gampang dan dasar adalah nasi goreng. Makanan favorit sejuta umat ini emang gak pernah absen di meja makan kita, kan?

Nah, daripada beli di luar, coba deh bikin sendiri nasi goreng di kosan tanpa pakai bumbu instan! 

1. Bumbu dasar yang wajib ada

Resep Dasar Nasi Goreng Paling Gampang, Pas Buat Anak Kosan!Pexels/Mike
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit (kalau ini sesuai selera kamu aja, suka pedas atau enggak)
  • Kecap manis
  • 1 buah daun bawang, iris halus
  • 2 sendok makan garam (ini juga sesuaikan selera aja)
  • 1 sendok lada halus
  • 1 piring nasi putih
  • 3 sendok makan minyak goreng

2. Mau tambahin toping? Boleh!

Resep Dasar Nasi Goreng Paling Gampang, Pas Buat Anak Kosan!Unsplash/wenping wang

Untuk toping, yang paling dasar biasanya adalah telur dan potongan daging ayam. Seandainya punya uang lebih, silakan kamu beli toping lainnya seperti sosis, nugget, udang, cumi, tahu, tempe, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips ini Bikin Nasi Gorengmu Seenak Restoran

3. Cara memasak, gak sampai 15 menit jadi!

Resep Dasar Nasi Goreng Paling Gampang, Pas Buat Anak Kosan!Unsplash/Kevin McCutcheon
  1. Haluskan bahan-bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit
  2. Pastikan kamu sudah menyiapkan nasi putihnya, ya! Keluarkan dari rice cooker agar saat dimasak nanti nasinya tidak terlalu lembek
  3. Panaskan minyak goreng. Pertama-tama, kamu bikin telur orak-arik aja dulu. Goreng telurnya setengah matang saja, kemudian angkat dari wajan
  4. Kalau punya potongan ayam juga lebih baik digoreng dulu sebentar, kemudian angkat
  5. Selanjutnya, masukkan bumbu halusnya tadi. Panaskan sampai wangi
  6. Masukkan nasi putih, campurkan dengan bumbu halus.
  7. Lalu taburkan garam dan merica. Aduk terus sampai rata rasanya
  8. Biar makin sedap, tambahkan kecap manis sesuai seleramu
  9. Kemudian masukkan potongan daun bawang biar makin mantap rasanya
  10. Terakhir, masukkan telur dan potongan ayam atau toping yang sudah disiapkan
  11. Angkat nasi gorengnya. Sajikan di piring dan nasi goreng dasar ini siap disantap!

4. Tips penting masak nasi goreng

Resep Dasar Nasi Goreng Paling Gampang, Pas Buat Anak Kosan!malline.id
  1. Beberapa kunci nasi goreng yang sedap adalah tekstur nasi yang tidak terlalu lembek dan rasa rempah yang kuat. Makanya, biar nasi goreng dasar ini gak terlalu hambar, pastikan dua hal tersebut sudah memenuhi kriteria, ya!
  2. Selain minyak goreng, kamu juga bisa menggunakan mentega sebagai penggantinya. Rasanya pasti lebih gurih!
  3. Aduk terus campuran nasi dan bumbunya agar tidak menggumpal dan rasanya merata

Gampang, kan bikin nasi gorengnya? Nanti kalau udah semakin jago, kamu bisa deh bikin nasi goreng yang lebih variatif dan fancy. Selamat makan!

Baca Juga: 11 Bahan Makanan yang Wajib Disimpan Anak Kosan untuk Makan Sahur

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You