5 Resep Olahan Aci Enak & Gampang ala Yackikuka, Berani Coba?

Lansung dipraktikkan di dapur ya!

Bagi para pemburu resep - resep cemilan, pasti sudah gak asing lagi dengan akun Instagram maupun YouTube dengan nama Yackikuka. Yackikuka merupakan akun media sosial seorang content creator sekaligus ibu muda bernama Melliana Hardi. Melalui akun YouTube miliknya yang memiliki lebih dari 400 ribu subscribers, Melli kerap membagikan resep simpel dan anti ribet untuk membuat beraneka cemilan rumahan.

Dari banyaknya resep cemilan yang diunggahnya di akun Yackikuka, resep cemilan berbahan dasar aci merupakan salah satu yang menjadi favorit oleh banyak orang, terlebih lagi sekarang cemilan dari tepung aci memang sedang digandrungi oleh masyarakat seantero negeri. Nah, supaya kamu pun bisa membuat cemilan dari aci di rumah dengan mudah, yuk lansung simak aja 5 resep olahan aci lezat ala Yackikuka ini.

1. Bakso Aci

https://www.youtube.com/embed/2ht8SHADiPU

Gak ada daging di rumah untuk buat bakso? Gak masalah! Kamu bisa ganti menu bakso dagingmu menjadi bakso aci. Nah, bahan - bahan yang perlu kamu siapkan adalah,

Untuk bahan bakso:

  • 150 gram tepung tapioka
  • 150 gram tepung bumbu serbaguna atau tepung terigu yang dibumbui 1/2 sdt garam, 1sdt kaldu bubuk dan merica secukupnya
  • 230 ml air mendidih
  • Untuk campuran adonan kamu bisa menambahnya dengan bawang daun, kornet dan yang lainnya
  • Untuk isian kamu bisa menambahkan bahan yang kamu suka, seperti , kornet, sosis dan yang lainnya

Untuk bumbu kuah:

  • 2 siung bawang putih
  • Cabe rawit merah sesuai selera
  • 2 sdm minyak goreng
  • 250 ml air

Langkah pembuatan:

  1. Buat adonan dengan mencampurkan tepung tapioka, tepung bumbu serbaguna, bawang daun dan air mendidih.
  2. Setelah adonan menjadi kalis, bentuk adonan menjadi bulatan - bulatan kecil. Kamu bisa menambahnya dengan isian sesuai kesukaanmu.
  3. Adonan bakso aci tersebut kemudian direbus hingga mengembang, lalu tiriskan.
  4. Untuk bumbunya, giling bawang putih dan cabe rawit.
  5. Bumbu yang telah halus kemudian ditumis dan ditambahi dengan air.
  6. Setelah mendidih, masukkan bakso aci sesuai dengan porsi yang kamu inginkan.
  7. Kamu bisa menambah sajian baksomu dengan tahu, mi, bihun dan lainnya.
  8. Bakso aci siap kamu nikmati.

2. Cilok Crispy Kekinian

https://www.youtube.com/embed/ybFm9CqlFgI

Cilok tapi krispi? Kebayang gak tuh gimana gurihnya! Untuk membuatnya, kamu membutuhkan,

  • 50 - 100 gram mozzarella atau isian lain kesukaanmu seperti sosis dan lainnya
  • 100 gram tepung tapioka
  • 70 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • 120 ml air mendidih
  • 1 butir telur
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah pembuatan:

  1. Potong keju mozzarella menjadi beberapa bagian kecil sebagai isian.
  2. Buat adonan dengan mencampurkan tepung tapioka, tepung bumbu serbaguna, garam, kaldu bubuk, merica dan air mendidih.
  3. Setelah adonan menjadi kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil lalu masukkan isian berupa keju mozarella.
  4. Masukkan adonana bulat cilok pada telur yang sudah dikocok lalu taburi permukaannya dengan tepung roti.
  5. Goreng hingga permukaannya berubah menjadi warna keemasaan.
  6. Cilok krispi isi mozzarella pun siap untuk dinikmati.

3. Cireng Bumbu Rujak

https://www.youtube.com/embed/NkiLwd0NXqA

Kangen rujak, tapi gak ada buah - buahan yang di rumah? Tenang, cireng pun bisa kamu rujakin kok. Kamu perlu menyiapkan bahan - bahan berikut ya.

Untuk bahan cireng:

  • 2 - 3 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1sdt kaldu bubuk
  • 150 ml air
  • 120 gram tepung tapioka
  • Minyak untuk menggoreng

Untuk bahan bumbu rujak:

  • 30 ml air panas
  • 1sdm asam jawa
  • 8 buah cabe rawit merah atau sesuai seleramu
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gram gula jawa

Langkah pembuatan:

  1. Untuk bumbu rujak, campur air panas dengan asam jawa kemudian aduk rata.
  2. Haluskan cabe rawit, garam dan gula merah lalu tambah dengan cairan asam jawa.
  3. Untuk adonan cireng, haluskan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk.
  4. Panaskan air kemudian masukkan bumbu halus dan 2 sendok tepung tapioka dari 120 gram tepung tapioka yang telah disediakan.
  5. Aduk rata dan tunggu hingga adonan cireng hingga benar benar mengental.
  6. Setelah mengental, campurkan adonan tersebut dengan tepung tapioka yang tersisa.
  7. Selagi panas, aduk rata dan bentuk adonan menjadi bulat pipih.
  8. Goreng adonan cireng hingga permukaannya mengeras lalu angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan cireng dengan bumbu rujak pedas.

Baca Juga: 3 Resep Mudah Bikin Dressing Salad, Jadi Lebih Segar dan Nikmat

4. Cimin (Cilor Mini)

https://www.youtube.com/embed/5XvMcgfrJT4

Cuma butuh 3 bahan, kamu sudah bisa buat cilor ini di rumah. Bahan - bahan yang perlu kamu siapkan adalah,

  • 50 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur 
  • 90 ml air mendidih
  • Minyak goreng

Langkah pembuatan:

  1. Campurkan dan aduk rata tepung tapioka dan tepung terigu serbaguna.
  2. Didihkan air dan campurkan pada adonan tepung, lalu aduk rata.
  3. Campur adonan hingga kalis kemudian bentuk adonan menjadi persegi pipih.
  4. Rebus adonan tersebut hingga mengembang, kemudian potong menjadi seukuran dadu kecil.
  5. Goreng adonan tersebut dengan sedikit minyak kemudian campurkan dengan telur yang telah dikocok.
  6. Setelah matang, hidangkan dalam wadah kecil dan bisa kamu tambahi dengan topping sesuai seleramu seperti kaldu bubuk atau cabai bubuk.

5. Cimol

https://www.youtube.com/embed/CJ8kcttq9j4

Setelah dijadikan bakso, digoreng krispi, dicampur telur, sekarang saatnya tepung aci untuk digemol. Berikut bahan - bahan yang harus kamu siapkan,

  • 120 gram tepung tapioka / kanji / sagu tani
  • 50 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 100 - 120 ml air mendidih

Langkah pembuatannya:

  1. Campurkan tepung tapioka dengan tepung terigu serbaguna dan kaldu bubuk, lalu aduk rata.
  2. Didihkan air kemudian tambahkan pada campuran tepung tersebut.
  3. Campur adonan hingga menjadi kalis, kemudian bentuk adonan menjadi bulatan - bulatan kecil.
  4. Sediakan minyak di penggorengan, masukkan adonan cimol dan baru minyaknya dipanaskan.
  5. Goreng dengan api kecil selama selama lebih kurang 8 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan cimol dengan tambahan bumbu perasa kesukaanmu.

Siapa nih yang lansung jadi koki hebat setelah masak ditemani panduan dari Yackikuka? Jangan lupa follow akun Instagramnya di @yackikuka ya!

Baca Juga: Rasanya Spesial, Ini Resep Kue Cokelat yang Cocok buat Kado Valentine

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You