Comscore Tracker

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang Nikmat

Menu murah meriah yang menyehatkan  

Indonesia punya banyak resep pecel sayur dari berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa. Rata-rata, setiap daerah punya pecel khasnya masing-masing.

Salah satu yang paling terkenal adalah pecel khas Madiun. Kota ini punya pecel pincuk yang nikmat. Pecel ini terdiri dari daun singkong, mentimun, petai cina, taoge, dan kemangi yang disiram bumbu kacang di atasnya.

Kebanyakan masyarakat di sana biasa menyantapnya dengan nasi. Biar makin nikmat, pecel pincuk ditambahkan dengan rempeyek kacang dan tempe mendoan.

Penasaran cara membuatnya? Berikut resep nasi pecel pincuk khas Madiun yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima. Nikmatnya bikin kalap, deh!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang Nikmatilustrasi sayuran (Pexels.com/ Engin Akyurt)

Bahan utama:

  • 1 ikat daun singkong
  • 1 buah mentimun
  • 50 gram taoge
  • 3 sdm petai cina
  • 1/2 ikat kemangi

Bahan bumbu kacang:

  • 3 buah cabai merah
  • 2 lembar jeruk
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 40 gram gula merah
  • 75 gram kacang tanah kupas

Bahan pelengkap:

  • rempeyek kacang secukupnya
  • tempe mendoan secukupnya

2. Rebus daun singkong hingga daunnya melunak

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang NikmatMerebus daun singkong (e.vnexpress.net)

Jika mendapatkan daun singkong dari hasil memetik sendiri, maka kamu perlu mendiamkannya dulu supaya getahnya mengalir ke luar. Namun jika tidak, kamu bisa langsung mencucinya, tapi jangan lupa membuang tiap ranting yang masih tersisa.

Selanjutnya, siapkan panci untuk merebus daun singkong. Masukkan air ke dalamnya, lalu tuangkan daun singkong secara perlahan sampai semuanya masuk ke panci. Biarkan beberapa saat sampai air mendidih dan daun singkong melunak. Kalau sudah, kamu harus memeras daun singkong airnya terbuang, barulah bisa diiris-iris.

3. Rendam taoge di air panas hingga layu

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang Nikmatilustrasi merendam dalam mangkuk (Pexels.com/Steve Johnson)

Pisahkan taoge dari bagian ujungnya, lalu lakukan satu per satu sampai semuanya selesai. Kemudian, cuci taoge dengan sedikit diremas-remas agar kulit dari kepala taoge mengelupas.

Setelah itu, siapkan air panas untuk merendam taoge. Tuangkan semua taoge ke dalam mangkuk besar berisi air panas, biarkan sejenak dan tunggu sampai lunak.

Baca Juga: 5 Pecel Maknyus di Jakarta Selatan, Rasanya Ciamik!

4. Haluskan kacang untuk membuat sambalnya

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang Nikmatilustrasi ngulek bumbu (instagram.com/hurrya.shopp05)

Sebelum membuat, kamu perlu menggoreng dua siung bawang putih, tiga cabai rawit, dan satu cabai rawit yang sudah dibuang bijinya. Setelah digoreng, campurkan dengan kacang yang sudah disangrai, haluskan agar kacangnya bisa hancur seluruhnya. 

Setelah sebagian kacang hancur, kamu perlu menambahkan air matang untuk memudahkanmu. Kemudian, tambahkan gula, garam, dan asam, lalu haluskan terus sambil diaduk sampai semuanya hancur dan menyatu semua.

Setelah selesai, kamu perlu memeriksa rasanya sudah enak atau belum. Jika sudah, maka bumbu siap digunakan.

5. Tata semua komponen hingga jadi pecel pincuk

Resep Pecel Pincuk Khas Madiun, Menu Sederhana yang NikmatPecel pincuk (instagram.com/kuliner_malang)

Siapkan daun pisang yang sudah dibentuk pincuk sebelumnya. Masukkan nasi ke dalam pincuk, lalu tata satu per satu sayuran yang sudah tersedia, mulai dari daun singkong, kemangi, petai cina, dan taoge. 

Setelah semuanya lengkap, barulah kamu bisa menyiram bumbu kacang di atasnya. Tuangkan secara perlahan dan memutar agar semuanya tersiram dengan baik. Jangan lupa untuk menambahkan rempeyek kacang dan tempe mendoan, ya.

Mudah bukan membuat pecel pincuk? Selain bahan yang mudah ditemukan, harga dari bahan-bahan dasarnya sangat terjangkau oleh siapa pun. Dengan memasak pecel pincuk, kamu bisa dapat menu murah meriah, namun tetap menyehatkan.

Baca Juga: Lapar, Inilah 5 Warung Pecel di Malang yang Underrated buat Sarapan!

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya