Comscore Tracker

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolak

#RamadanMasaKini Hidangan khas buka puasa nih!

Kolak merupakan salah satu makanan khas buka puasa yang paling sering dikonsumsi oleh masyrakat di tanah air. Meski tak semua, beberapa jenis kolak biasanya menggunakan air santan agar bisa memberikan sensasi gurih yang menyegarkan.

Tak hanya untuk campuran kolak, cairan berwarna putih hasil perasan air kelapa inipun kerap digunakan pada jenis masakan lain agar terasa lebih lezat dan nikmat.

Dalam proses merebus santan, berikut ini merupakan beberapa tips agar santan tidak pecah saat dipanaskan. Dijamin bikin segala jenis masakanmu akan terasa maknyus saat disantap.

1. Jangan coba-coba menggunakan api yang terlalu besar saat merebus santan

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolakmedicalnewstoday.com

Merebus santan dengan menggunakan api besar tentu saja akan membuat masakanmu akan menjadi berbau tak sedap. Tak hanya itu, santan pun akan pecah sehingga tidak sedap dipandang mata saat masakan sudah matang.

Untuk menghindarinya, gunakan api kecil hingga sedang agar pemanasan dalam larutan santan bisa tercampur sempurna dengan air dan tidak pecah.

2. Aduk perlahan dan secara terus menerus

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk KolakPixabay.com/mohamed_hassan

Saat merebus santan, jangan tinggalkan santan di atas pemanasan tanpa diaduk ya? Untuk mendapatkan struktur santan yang baik dan tidak pecah, aduk perlahan santan secara terus-menerus dengan gerakan teratur. Bukan hanya akan terlihat menyatu, santan yang diaduk secara teratur biasanya akan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan nikmat.

3. Campurkan beberapa helai potongan daun pisang

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolakoodal.com

Agar santan tidak pecah saat direbus, kamu juga bisa menggunakan campuran potongan daun pisang ke dalam rebusan. Cuci bersih dan potong-potong daun pisang secukupnya lalu campurkan ke dalam rebusan santan hingga mendidih. Daun pisang dipercaya bisa memberikan efek kental pada santan hingga membuat santan tidak cepat pecah.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Santan Segar, Gurih yang Tahan Lebih Lama

4. Tambahkan beberapa helai daun jeruk purut

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolakjoltvapor.com

Tak hanya daun pisang, daun jeruk purut juga bisa digunakan sebagai campuran agar santan tidak pecah saat direbus. Saat berada di pemanasan, campur santan bersama daun jeruk purut dengan tambahan sedikit garam dan aduk hingga mendidih. Setelah matang, buang daun jeruk purut dan pisahkan santan sebagai campuran untuk masakan lainnya.

5. Jangan lupa tambahkan juga tepung maizena

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolakdrkellyann.com

Terutama untuk masakan yang membutuhkan santan kental, kamu bisa menambahkan tepung maizena ke dalam santan sesaat sebelum direbus. Setelah tercampur di atas pemanasan, aduk secara merata santan bersama tepung maizena hingga benar-benar mendidih. Selain tidak membuat pecah, santan yang dicampur tepung maizena pun akan lebih kental dengan tekstur yang cukup halus.

6. Santan mesti dimasukkan di akhir proses memasak kolak

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Direbus untuk Kolaksmallfootprintfamily.com

Salah satu teknik untuk mendapatkan tekstur santan agar tidak pecah adalah dengan memasukkan santan di akhir proses memasak. Rebus santan seperti biasanya dalam satu wadah hingga mendidih, lalu tiriskan di tempat berbeda.

Saat akan memasak satu jenis makanan, cukup campur santan yang telah direbus tadi pada bagian akhir proses memasak. Selain tidak pecah, aroma asli dari santan pun akan tetap terasa dan sudah pasti akan melezatkan masakan yang kamu buat.

Jika sudah tahu teknik dan bahan agar santan tidak pecah, tidak ragu lagi kan bikin kolak untuk hindangan buka puasa nanti? Jadi, kolak apa nih yang akan kamu masak hari ini?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya