Comscore Tracker

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batak

Masakan Batak punya ciri khas tersendiri

Setiap daerah memiliki karakteristik tersendiri dalam penyajian berbagai masakan. Tak terkecuali suku Batak yang berada di Sumatera Utara. Mereka memiliki bumbu khas dalam beberapa olahan masakannya dan bahkan tidak ditemukan dalam olahan masakan daerah lain di nusantara.

Lalu, apa saja sih bumbu rahasia masakan Batak yang membuat hidangannya terasa istimewa? Ini nih 5 daftarnya!

1. Andaliman

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batakinstagram.com/laponababan

Andaliman merupakan buah-buahan yang berasal dari suku jeruk. Kendati sering disebut merica Batak, andaliman sebenarnya tidak menimbulkan rasa pedas dan panas layaknya merica. Namun lebih kepada rasa kebas dan kelu berkat senyawa hydroxy alpha sanshool yang terkandung di dalamnya.

Menjadi salah satu bumbu rahasia dalam masakan khas Batak, andaliman biasanya dijadikan bumbu penyedap dalam memasak arsik ikan mas, ikan mas naniura, sambal tuktuk, saksang, sambal tombur, dan lainnya.

2. Bawang Batak (lokio)

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batakinstagram.com/bigr_resources

Kendati sudah cukup menyebar dan banyak digunakan dalam berbagai masakan daerah lain, bawang Batak atau lokio masih menjadi salah satu bumbu autentik khas suku Batak.

Biasanya bagian umbinyalah yang dipilih untuk memberikan aroma wangi pada masakan. Bawang Batak (lokio) biasanya digunakan dalam membuat asinan, tumisan, atau hidangan berbahan ikan.

Baca Juga: Disebut Merica Khas Batak, Ini 5 Manfaat Andaliman untuk Kesehatan

3. Jeruk jungga

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batakinstagram.com/martimiliana

Jeruk jungga menjadi salah satu bumbu khas lainnya dalam masakan Batak, terutama yang cukup terkenal adalah naniura. Tanpa perlu dimasak sekali pun, pengasaman ikan dengan menggunakan jeruk jungga dijamin matang dan layak dikonsumsi, lho.

Hal itu merupakan penyebab dari jeruk jungga yang dinilai memiliki rasa lebih asam dari jeruk purut dan jeruk nipis serta memiliki aroma yang lebih kuat. Secara tampilan, jeruk jungga memiliki kulit yang tidak merata dan berkerut.

4. Asam gelugur

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batakinstagram.com/mamaarsyadni

Buat kamu yang lahir dan besar di tanah Jawa, asam jawalah bumbu dalam mendapatkan rasa asam dan segar pada masakan. Lain hal dengan suku Batak, lho. Asam gelugurlah yang dipilih.

Asam gelugur merupakan salah satu buah-buahan yang berkerabat dengan manggis dan asam kandis. Dalam penyedap masakan, biasanya buah asam gelugur diiris tipis dan dikeringkan terlebih dahulu. Dua atau tiga irisan saja dijamin bikin masakan segar sempurna deh.

5. Kecombrang

Sajian Jadi Menggugah Selera, Ini 5 Bumbu Rahasia Masakan Khas Batakinstagram.com/kecombrangmedan

Kendati daerah lain pun banyak yang memanfaatkan kecombrang dalam masakan, namun hanya sekadar mempercatik atau untuk aroma segar pada masakan. Di tanah Batak, kecombrang seolah menjadi salah satu bumbu khas dan wajib dalam masakan, lho. Terlebih dalam memasak olahan yang berbau amis seperti ikan.

Bunga dan tangkainya sekali pun kerap digunakan dalam olahan masakan. Tak terkecuali buahnya yang biasa disebut cikala.

Dengan bumbu yang sederhana dan mudah ditemukan di sekitar rumah, masakan khas Batak menjadi terasa sempurna dan istimewa dengan bumbu-bumbu khasnya seperti disebutkan di atas. Jadi pengin cicip hidangan khas Batak, ya?

Baca Juga: Resep Kue Pohulpohul Khas Batak Toba yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya