Comscore Tracker

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!

Rupanya alat masak yang satu ini multifungsi, lho

Panci biasanya digunakan untuk memasak aneka hidangan berkuah, namun seiring berjalannya waktu, benda ini ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai media untuk memasak kue, lho!

Penasaran kreasi kue seperti apa yang bisa dimasak dengan bermodalkan panci? Intip lima referensi kudapan tersebut di bawah ini.

1. Kue bolu 

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!ilustrasi kue bolu (pixabay.com/Michaela)

Bolu adalah makanan klasik yang dibuat menggunakan bahan-bahan dari tepung terigu, pengembang, sumber lemak, dan komponen lain yang diperlukan. Sajian ini hampir selalu hadir di setiap acara di Indonesia karena sangat disukai.

Memasak bolu sendiri bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, bukan cuma dikukus atau dipanggang pakai oven, melainkan dapat dimasak pakai panci. Cukup nyalakan kompor, simpan alas berbahan besi atau alumunium untuk meratakan panas dan letakkan panci di atasnya. Biarkan adonan tersebut termasak sampai matang.

2. Puding lapis tiramisu 

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!ilustrasi puding lapis tiramisu (pixabay.com/Andrey Cojocaru)

Hidangan yang satu ini hampir gak memerlukan proses pemanggangan, namun panci menjadi alat masak yang patut hadir untuk memaksimalkan adonan kue yang disusun dengan cara berlapis-lapis.

Makanan ini dapat dibuat memakai bahan dasar dari remahan biskuit, sedangkan lapisan selanjutnya perlu diisi pakai adonan puding, puding rasa kopi, puding cream cheese, dan ekstra bubuk kopi biar makin terasa tiramisunya.

Tentu saja, untuk memasak adonan-adonan tersebut, kamu memerlukan panci biar agar-agarnya jadi cepat matang dan bisa langsung dieksekusi dalam cetakan.

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Hits Berbahan Oncom yang Punya Rasa Yummy

3. Kue brownies 

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!ilustrasi brownies (pixabay.com/Christiane)

Makanan selanjutnya yang juga bisa dimasak menggunakan panci adalah brownies. Kudapan mengandung cokelat yang begitu populer di dunia kuliner, serta disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Hidangan berbahan dark chocolate cooking ini memang hampir tidak pernah sepi peminat. Maka dari itu, inovasinya terus dikembangkan dan sekarang kamu bisa menemukan olahan tersebut dengan cara dipanggang memakai panci.

4. Nastar 

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!ilustrasi nastar (pixabay.com/Raihan Habibi)

Buat kamu yang ingin membuat kue kering namun terkendala alat panggangan yang tidak tersedia di rumah, maka jangan khawatir. Sebab kamu dapat membuat aneka makanan tersebut, terutama nastar, menggunakan bantuan dari panci.

Benda ini bisa menghantarkan panas dan mematangkan adonan, namun sebelumnya kamu perlu memberi alas ekstra biar kue tidak langsung gosong. Dengan begini, hobi kamu membuat kue kering nastar pun akan jadi lebih lancar dan tak lagi terkendala.

5. Bika ambon     

5 Kreasi Kue yang Bisa Dimasak Pakai Panci, Gak Takut Gagal!ilustrasi bika ambon (pixabay.com/Ahmad Affandi Lubis)

Bika ambon sebagai kue yang memiliki serat-serat cantik juga ternyata bisa dibuat menggunakan bantuan dari panci. Makanan ini pun akan menghasilkan kombinasi penampilan yang cantik disertai rasa sedap.

Seperti diketahui, bika ambon adalah kue yang dibuat dari campuran tepung-tepungan, santan, hingga penggunaan kunyit yang membuat warnanya kian cantik. Santapan ini memiliki kombinasi tekstur kenyal yang berbeda daripada kebanyakan kudapan, lho.

 

Ternyata ada banyak penganan yang bisa dibuat menggunakan bantuan dari panci. Jadi, buat kamu yang belum memiliki oven, cara ini bisa dilakukan untuk menghasilkan santapan yang sedap dan menarik hati.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Kue Kering dengan Kacang Tanah, Gampang Buatnya

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya