Comscore Tracker

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!

Menu sempurna untuk makan malam 

Saat hujan turun, tak hanya makanan berkuah saja yang cocok untuk dinikmati. Makanan tanpa kuah juga patut kamu coba, lho. Salah satunya oseng mercon daging sapi.

Seperti namanya, bahan dasar untuk pembuatan makanan ini adalah daging sapi yang sudah direbus dengan tambahan sedikit garam. Daging sapi yang sudah direbus kemudian dipotong sesuai selera. Potongan daging tersebut diolah dengan bumbu halus hingga meresap dengan sempurna.

Jika kamu punya daging sapi di dalam kulkas, cobalah untuk membuat satu menu yang punya rasa enak berikut ini. Untuk caranya, simak cara membuat oseng mercon daging sapi yang pedasnya bukan main berikut ini, ya!

1. Bahan membuat oseng mercon daging sapi

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!Ilustrasi daging sapi (pexels.com/Los Muertos Crew)

Bahan utama:

  • 250 gram daging sapi/tetelan
  • 400 ml air kaldu (sisa rebusan daging sapi)
  • garam secukupnya

Bahan bumbu:

  • 125 gram cabai rawit
  • 5 biji cabai merah besar
  • 60 gram bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Bahan bumbu lainnya:

  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe geprek
  • 2 cm lengkuas geprek
  • 1 batang serai geprek
  • 1 sdt bubuk kaldu
  • 2 sdt garam
  • 30 gram gula merah

2. Rebus daging dengan garam hingga empuk 

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!Ilustrasi merebus bahan (pexels.com/cottonbro studio)

Ambil daging yang sudah kamu siapkan. Bersihkan terlebih dahulu daging tersebut dengan menggunakan air yang mengalir. Pastikan hingga dagingnya bersih, lalu sisihkan sebentar saja.

Selanjutnya, panaskan air dalam panci, lalu masukkan daging jika airnya sudah mendidih. Masak daging sapi hingga empuk dan matang, lalu tiriskan. Untuk air kaldunya jangan dibuang. Kamu bisa menggunakan air kaldu tersebut untuk memasak oseng mercon.

Untuk daging sapinya sendiri, kamu bisa memotongnya sesuai selera. Jika bisa potong kecil-kecil saja, lalu sisihkan untuk diolah bersama bumbu halus.

3. Haluskan bumbu dan tumis hingga harum

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!Ilustrasi menumis bumbu (youtube.com/Ika Mardatillah)

Cuci bahan bumbu halus, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar. Setelah dicuci, masukkan ke dalam blender. Tambahkan minyak goreng sedikit saja, lalu haluskan.

Setelah itu, panaskan sedikit minyak dalam wajan. Masukkan bumbu halus ke dalamnya. Kemudian, tumis hingga aromanya wangi.

Selanjutnya, tambahkan daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, serta serai ke dalam tumisan. Tumis sebentar, lalu masukkan daging sapi ke dalam wajan. Aduk hingga bumbu tercampur rata dengan dagingnya.

Baca Juga: Resep Oseng Mercon Daging dan Tetelan, Pedasnya Bikin Oleng

4. Masak daging hingga air kaldunya menyusut

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!Ilustrasi memasak daging sapi (youtube.com/Dapur Sherly)

Masukkan air kaldu ke dalam wajan, lalu aduk perlahan dan tutup. Biarkan hingga airnya mendidih dan berkurang. Kamu bisa menggunakan api sedang agar airnya cepat mendidih.

Setelah itu, tambahkan bubuk kaldu, garam, dan gula merah. Aduk hingga bumbu meresap. Koreksi rasanya, jika sudah pas, tutup kembali wajan tersebut.

Kalau sudah, masak kembali oseng mercon daging sapi. Untuk kali ini biarkan airnya benar-benar menyusut. Jika sudah, kamu bisa mengangkatnya. Tuang ke mangkuk saji dan hidangkan dengan bawang merah goreng.

5. Tips memasak oseng mercon daging sapi 

Cara Membuat Oseng Mercon Daging Sapi, Pedasnya Bukan Main!Oseng mercon daging sapi (youtube.com/Dapur Sherly)

Memasak oseng mercon sangatlah mudah. Namun, kamu juga harus menerapkan beberapa tips berikut ini supaya masakanmu makin lezat dan nikmat, antara lain:

  1. Pilihlah daging sapi dengan kualitas yang bagus agar dagingnya tidak alot. Daging sapi segar bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan.
  2. Rebus terlebih dahulu hingga matang dan empuk. Hal ini juga untuk memudahkan saat ingin memotong daging tersebut dengan ukuran yang lebih kecil.
  3. Tak hanya daging saja, kamu juga bisa menambahkan potongan kentang untuk menambah cita rasa oseng mercon daging sapi. Kentangnya potong dadu, ya.
  4. Jangan buang air kaldunya. Air kaldu tersebut bisa kamu pakai untuk memasak oseng mercon agar rasanya makin sempurna.
  5. Sajikan dengan nasi panas saat ingin menikmati lezatnya oseng mercon daging sapi. Beri gorengan bawang merah juga makin nikmat, lho.

Oseng mercon daging sapi punya rasa yang pedas. Meski begitu, penggemar masakan ini memang sangat banyak. Apalagi bagi yang suka masakan pedas, mereka bahkan rela mengantre untuk menikmati oseng mercon satu ini. Coba masak di rumah, yuk!

Baca Juga: Resep Oseng Teri Pedas, Pedasnya Bikin Kalap Makan

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya