Comscore Tracker

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap Sempurna

Salah satu olahan ayam yang gak bikin bosan

Olahan ayam banyak jenisnya. Kamu bisa menggoreng atau mengolah ayam tersebut menjadi sup. Olahan ayam yang gak kalah nikmat adalah ayam dimasak kecap. Rasa manis dan pedasnya begitu menggiurkan.

Untuk persiapan makan siang nanti, coba masak ayam kecap untuk keluargamu. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan. Untuk resep ayam kecap, kamu bisa melihat selengkapnya berikut ini, ya!

1. Bahan membuat ayam kecap

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap SempurnaIlustrasi daging ayam (pixabay.com/@RitaE)

Bahan utama:

  • 500 gram daging ayam
  • 1 sdm margarin
  • air secukupnya
  • minyak goreng
  • daun bawang untuk taburan

Bahan bumbu ungkep:

  • 4 siung bawang putih
  • 1,5 sdt garam
  • 2 lembar daun salam

Bahan bumbu kecap:

  • 1 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

2. Cuci ayam hingga bersih, lalu ungkep

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap SempurnaIlustrasi ungkep bahan makanan (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Potong ayam yang sudah disiapkan dengan ukuran sesuai selera. Masukkan ke dalam wadah yang agak besar, lalu cuci hingga daging bersih. Sisihkan sebentar.

Setelah itu, ambil ulekan, lalu masukkan bawang dan garam. Tumbuk kasar saja untuk dimasukkan ke dalam panci ungkep. Lanjutkan dengan menyiapkan pancinya, isi dengan air. Letakkan di atas kompor tunggu hingga agak mendidih.

Selanjutnya, masukkan ayam yang sudah dicuci ke dalam panci. Masukkan juga bumbu bawang putih dan garam yang sudah ditumbuk. Aduk airnya hingga bumbu tercampur rata. Masukkan daun salam.

3. Goreng sebentar daging ayam yang sudah diungkep 

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap SempurnaIlustrasi menggoreng ayam (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Setelah selesai diungkep, siapkan wajan untuk menggoreng ayam. Tuang minyak secukupnya dan tunggu hingga panas. Kemudian, goreng ayam sebentar saja.

Jika warna daging ayam sedikit kecokelatan, kamu bisa langsung untuk mengangkatnya satu per satu. Jika sudah, tiriskan sebentar saja. Lakukan hingga daging ayam habis semua, ya.

Sembari menggoreng daging ayam, kamu juga bisa memotong atau mengiris tipis bawang bombay yang sudah kamu siapkan. Sekalian juga cincang halus bawang putih untuk bumbu kecapnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Opor Ayam dan Ayam Lodho, Sering Dikira Sama

4. Tumis bawang putih dan bawang bombay

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap SempurnaIlustrasi menambahkan air ke dalam masakan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bersihkan wajan yang sudah kamu pakai untuk menggoreng ayam. Panaskan terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian, tuang minyak goreng sedikit saja untuk menumis bumbu ke dalam wajan tersebut.

Jika minyak sudah panas, masukkan bawang putih dan bawang bombay ke dalam wajan. Tumis kedua jenis bawang tersebut hingga harum. Jika sudah, kecilkan api kompor sebentar saja.

Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Aduk perlahan agar bumbu tercampur rata ke dalam bagian ayam goreng. Jika sudah, masukkan air ke dalam wajan tersebut.

5. Masukkan ayam goreng dan masak hingga matang 

Resep Ayam Kecap Spesial untuk Makan Siang, Bumbu Meresap SempurnaAyam kecap (instagram.com/yscooking)

Tunggu hingga air agak mendidih, lalu masukkan kecap manis, saus tomat, dan saus tiram. Aduk perlahan dan pastikan hingga saus tercampur dengan daging ayam,

Setelah itu, tambahkan gula, garam, dan merica agar rasanya makin kaya. Aduk sekali lagi. Kemudian, biarkan sebentar saja, lalu koreksi rasanya. Biarkan hingga kuahnya mendidih.

Kalau sudah matang, angkat ayam kecap, lalu tuang ke dalam mangkok atau wadah saji yang kamu miliki. Kemudian, taburi dengan daun bawang yang sudah diiris tipis secukupnya, lalu sajikan selagi hangat.

Memasak ayam kecap sangat mudah, kan? Meski membutuhkan waktu yang agak lama, tetapi rasa yang akan kamu dapat sebanding dengan lamanya kamu masak, lho. Gimana, apa kamu sudah penasaran ingin memasak ayam kecap?

Baca Juga: Resep Kuotie Ayam, Camilan Mirip Gyoza yang Gurih dan Endul Abis!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya