Comscore Tracker

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di Rumah

Seenak yang isian ayam suwir, kok!

Lemper merupakan jajanan asli khas Indonesia yang sangat terkenal dan disukai banyak orang. Jajanan yang dibungkus daun pisang ini selalu disukai karena rasa dari ketannya yang gurih dan legit.

Namun, isian daging di dalamnya yang membuat makanan ini menjadi semakin nikmat. Walau ayam suwir menjadi salah satu bahan isian yang biasanya digunakan dalam lemper, tapi pakai abon sapi juga makin enak, lho.

Nah, untuk resep dan cara membuat lemper abon sapi ini bisa langsung kalian simak di bawah ini. Dijamin enak dan cara bikinnya praktis banget.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di RumahIlustrasi beras ketan (pixabay.com/ulleo)

Bahan-bahan:

  • 2 liter beras ketan putih
  • 1 liter santan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan
  • 200 gram abon sapi siap pakai
  • secukupnya garam
  • secukupnya daun pisang

2. Cuci bersih beras ketan

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di RumahMencuci beras ketan (pixabay.com/mathee)

Pertama, cuci beras ketan dengan menggunakan air mengalir hingga benar-benar bersih. Lakukan beberapa kali sampai bersih. Kemudian, tiriskan beras ketan dan sisihkan dalam wadah.

Selanjutnya, panaskan kukusan hingga mendidih, lalu masukkan beras ketan yang sudah dicuci bersih tadi ke dalam panci. Kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga beras ketan matang.

3. Masak ketan dengan santan hingga matang

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di RumahMemasak beras ketan (pixabay.com/mathee)

Sambil menunggu beras ketan yang sedang dikukus, siapkan dalam panci lain. Masukkan santan, serai, daun salam, daun pandan, dan garam secukupnya. Kemudian, aduk-aduk agar semua bahan tercampur rata dan masak hingga mendidih. 

Kalau sudah, matikan api dan langsung masukkan beras ketan yang sudah dikukus tadi ke dalam panci berisi santan. Masak kembali beras ketan selama kurang lebih 25 menit atau hingga cairan santannya terserap habis. Angkat beras ketan dan diamkan beberapa menit.

Baca Juga: Resep Lalampa, Lemper ala Manado yang Rasanya Menggoyang Lidah

4. Bungkus adonan dengan daun pisang

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di RumahMembungkus lemper (instagram.com/dapurrinaku)

Setelah dingin, ambil daun pisang secukupnya dan bentangkan di atas meja. Kemudian, ambil beras ketan kukus secukupnya dan taruh di atas daun pisang, lalu pipihkan. Gunakan sendok atau dengan tangan untuk memipihkannya.

Setelah itu, ambil satu sendok makan abon sapi siap pakai, taruh di atas beras ketan. Kemudian, gulung daun pisang seperti menggulung lemper pada umumnya, lalu semat ujungnya dengan  tusuk gigi. Lakukan sampai semua bahan habis.

5. Lemper bisa langsung dimakan atau diolah lagi

Resep Lemper Abon Sapi yang Praktis, Camilan Enak buat di RumahLemper abon sapi (instagram.com/hiyuls.cake_cookies .)

Selanjutnya, lemper bisa kamu olah dan langsung dinikmati sesuai dengan selera masing-masing. Bisa dengan cara dikukus kembali, dibakar, atau dimakan langsung karena semua bahan-bahan lemper tadi juga sudah matang dan bisa langsung disantap.

Begitulah resep dan cara membuat lemper abon sapi yang mudah dan pastinya nikmat. Jadi tunggu apalagi, langsung saja praktikkan resepnya di rumah, yuk!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Lemper Ayam yang Padat dan Pulen, Nikmat Banget!

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya