Comscore Tracker

Resep Rujak Buah ala Bangkok yang Manis, Asin, dan Segar

Buat variasi lainnya dari makan buah

Rujak di Indonesia banyak macamnya. Mulai dari yang berisi sayuran hingga buah-buahan. Namun, pernahkah kamu mencoba mencicipi rujak yang diadaptasi dari negara Asia lainnya? Kalau belum, kamu bisa cobain rujak ala bangkok. Bumbunya dari campuran rasa asin, gurih, dan manis yang menyegarkan.

Nah, kalau lagi pengin bikin camilan dari buah, kamu bisa sajikan rujak buah bangkok di rumah atau buat bekal ke kantor. Bahannya gampang didapatkan, lho!

1. Buah yang diperlukan

Resep Rujak Buah ala Bangkok yang Manis, Asin, dan Segarpaktanidigital.com

Sebenarnya buah untuk membuat rujak bangkok ini kamu bebas untuk memilih rujaknya. Namun ada buah-buah tertentu yang bisa kamu pilih karena rasanya akan pas jika dipadukan dengan bumbunya nanti. Buah yang bisa kamu pilih untuk membuatnya antara lain nanas, jambu air, jambu kristal, rambutan, salak, dan mangga.

Untuk nanas, mangga, dan jambu kristal bisa kamu potong dalam ukuran yang agak besar dan tebal. Rambutan dan salak cukup dikupas seperti biasa. Sedangkan jambu air bisa dibelah menjadi dua bagian.

3. Cara membuat bumbunya

Resep Rujak Buah ala Bangkok yang Manis, Asin, dan Segarnewmalaysiankitchen.com
  • Bakar terlebih dahulu terasi agar aromanya lebih keluar.
  • Ulek terasi, namun jangan terlalu lumat.
  • Campurkan gula pasir, terasi, sedikit garam, lalu campurkan dengan terasi.
  • Tambahkan chili flakes sesuai selera.

4. Saran penyajian rujak

Resep Rujak Buah ala Bangkok yang Manis, Asin, dan Segarnewmalaysiankitchen.com

Ada baiknya setelah mencuci bersih dan memotong buah-buahan bisa kamu simpan dulu di kulkas hingga dingin. Setelah itu bisa langsung disantap bersama dengan bumbu yang telah dibuat sebelumnya. Cocok nih disantap saat siang yang terik atau pas santai sore.

5. Tips membuat rujak bangkok

Resep Rujak Buah ala Bangkok yang Manis, Asin, dan SegarYouTube.com/Machli Wala
  • Jika kamu suka rasa yang agak unik, bisa menambahkan bubuk rumput laut ke dalam bumbunya. Tapi tambahkan sedikit saja, ya.
  • Kalau kamu gak chili flakes bisa diganti dengan bubuk cabai yang halus atau sambal tabur yang banyak dijual di pasaran. Kalau memakai sambal tabur, kamu gak perlu menambahkan garam karena sudah terasa asin.
  • Bumbunya terlalu kering? Kamu bisa menambahkan sedikit kecap ikan dalam bumbunga agar lebih segar.

Mudah bukan membuatnya? Kamu gak perlu membeli banyak bahan untuk bumbunya lho kalau mau membuatnya. Karena bumbunya kering, kamu bisa membuatnya sekaligus dan menyimpannya. Tinggal potong buah deh kalau mau memakannya.

Baca Juga: 5 Buah-buahan yang Cocok Dipadukan dengan Bumbu Rujak, Bikin Nagih!

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya