Comscore Tracker

Resep Pancake Alpukat yang Kaya Gizi, Caranya Gampang Banget

Dijamin langsung semangat untuk beraktivitas seharian

Sarapan selalu jadi hal yang penting dilakukan sebelum memulai aktivitas. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hari-hari dengan penuh energi. Salah satu menu sarapan yang sering dibuat adalah pancake.

Gak melulu cuma terbuat dari tepung, kamu bisa menambahkan alpukat di dalamnya. Rasa pancake jadi makin kaya dan bergizi. Simak resep dan cara membuat pancake alpukat yang menyehatkan berikut ini!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Pancake Alpukat yang Kaya Gizi, Caranya Gampang Bangetunsplash.com/Louis Hansel
  • 1 buah alpukat
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 150 ml susu cair
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt mentega, lelehkan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 2 sdm sirup maple

2. Blender alpukat sampai halus

Resep Pancake Alpukat yang Kaya Gizi, Caranya Gampang Bangetfunnylove.com

Siapkan talenan dan mangkuk di atas meja. Belah alpukat menjadi dua bagian dan buang bijinya. Keruk daging alpukat sampai bersih dan masukkan ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, masukkan seluruh daging alpukat ke dalam blender. Tuangkan pula air secukupnya dan air jeruk lemon ke dalam blender. Haluskan sampai benar-benar lembut, lalu sisihkan sebentar.

Baca Juga: Resep Membuat Milo Marmer Sponge Cake, Cuma Pakai Rice Cooker 

3. Campurkan adonan alpukat dengan tepung terigu

Resep Pancake Alpukat yang Kaya Gizi, Caranya Gampang Bangetthenovicechefblog.com

Siapkan kembali mangkuk yang cukup besar, masukkan tepung terigu, telur, susu cair, baking powder, dan gula pasir ke dalamnya. Aduk-aduk sampai seluruh bahannya tercampung merata. Pastikan tak ada adonan yang menggumpal.

Setelah itu, tuangkan adonan alpukat ke dalam adonan tepung. Aduk adonan sampai berubah warna menjadi hijau muda. Jika sudah, diamkan adonan selama 10 menit agar sedikit mengembang.

4. Masak pancake alpukat di atas teflon

Resep Pancake Alpukat yang Kaya Gizi, Caranya Gampang Bangetrd.com

Panaskan mentega secukupnya di atas wajan sampai terlihat meleleh. Tuangkan satu sendok sayur adonan pancake ke dalamnya. Masak pancake sampai terlihat berpori, lalu balik sisinya agar dapat matang dengan sempurna.

Selanjutnya, segera angkat pancake dan dinginkan. Lakukan proses memasak sampai adonan pancake habis. Sajikan pancake dengan model bertumpuk. Siram pancake alpukat dengan sirup maple secukupnya.

Nah, itulah resep mudah membuat pancake alpukat buat rekomendasi menu sarapanmu. Selain lebih nikmat, pancake ini punya nilai gizi yang baik untuk tubuh, lho. Selamat berkreasi!

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Granola Cookies, Camilan Renyah Rendah Kalori untuk WFH

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya