Comscore Tracker

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Saja

Makanan kesukaanmu bukan, nih?

Sudah bukan rahasia lagi kalau cakwe jadi salah satu camilan paling nikmat di Indonesia. Banyak yang belum tahu, cakwe sebenarnya kuliner asal Tiongkok, lho. Rasanya gurih dengan tekstur empuk seperti roti.

Biasanya, cakwe dijual bersama dengan odading. Mereka berdua bak pasangan yang gak bisa terpisahkan, deh. Uniknya lagi, isian cakwe gak melulu kosongan, lho.

Pencinta seafood lebih suka makan cakwe udang. Aromanya menggoda, rasanya pun jauh lebih gurih. Gak perlu beli di luar, kamu bisa membuat cakwe udang di rumah dengan resep berikut ini, nih.

1. Bahan-bahan yang diperlukan  

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Sajaculinaryhill.com

Bahan-bahan:

  • 150 gram udang giling
  • 100 gram daging ayam giling
  • 5 buah cakwe
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung sagu
  • 3 batang daun bawang
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt minyak wijen
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya

2. Cincang udang hingga halus  

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Sajaseriouseats.com

Sebelum diolah, cuci terlebih dahulu udang dan daging ayam hingga bersih. Buang semua kotoran yang ada, seperti garis hitam di punggung udang. Jika sudah, bilas kembali dengan air mengalir.

Selanjutnya, letakkan udang dan daging ayam di atas talenan. Cincang kedua bahan tersebut hingga halus. Saat sudah selesai, kamu boleh langsung mencampur keduanya atau dipisah ke dalam wadah berbeda.

Baca Juga: Resep Cakwe Udang yang Spesial untuk Camilan Santai di Rumah 

3. Aduk cincangan udang dengan tepung  

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Sajaasweetpeachef.com

Masukkan cincangan udang, daging ayam, bawang putih halus, bawang bombay, telur, dan tepung sagu ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut sampa tercampur rata dan sedikit menggumpal.

Setelah itu, bumbui adonan dengan garam, merica bubuk, gula pasir, daun bawang, dan sedikit minyak wijen. Aduk kembali adonan sampai semua bumbu tadi larut menjadi satu, lalu sisihkan sebentar.

4. Isi cakwe dengan adonan udang  

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Sajainstagram.com/vogue_kitchen

Ambil cakwe yang sudah matang, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian sama besar. Kamu bisa memotongnya sampai putus, atau hanya di bagian tengahnya saja. Lakukan sampai cakwenya habis.

Selanjutnya, ambil potongan cakwe dan oleskan satu sendok makan adonan udang di atas cakwe. Lakukan perlahan tanpa membuatnya berceceran, lalu taburi dengan biji wijen sampai melekat. Lakukan proses tadi sampai cakwe dan adonannya habis.

5. Goreng cakwe udang hingga matang  

Resep Cakwe Udang yang Renyah, Camilan Istimewa Saat di Rumah Sajainstagram.com/meilyandw

Tuang cukup banyak minyak ke dalam wajan, lalu panaskan sampai benar-benar mendidih. Jika sudah, masukkan dan goreng cakwe udang satu per satu hingga matang. Pastikan cakwe terendam dengan minyak, ya.

Apabila cakwe terlihat berubah warna jadi kuning kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Sajikan cakwe udang dengan mayones dan saus sambal kesukaanmu, ya!

Nah, itu dia cara membuat cakwe udang dengan rasa isitimewa. Jika ada sisa yang belum dimasak, simpan saja di dalam freezer, supaya bisa digoreng sewaktu-waktu. Selamat memasak!

Baca Juga: Resep Ayam Plecing yang Sedap, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih! 

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya