Comscore Tracker

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagal

Rasanya seenak yang dijual di restoran, lho!

Siapa sih yang gak tergiur dengan tampilan pizza yang menggoda, ya gak? Kuliner asal Italia ini sudah sangat populer di dunia. Rasanya yang nikmat dan unik nyatanya bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Adonan renyah disajikan dengan berbagai topping, seperti daging, jamur, sosis, hingga sayuran membuat rasanya makin lezat. Sayangnya, harga pizza sendiri cukup menguras dompet.

Kalau sudah begitu, cara satu-satunya biar tetap bisa makan pizza adalah dengan bikin sendiri. Caranya mudah, tinggal pakai teflon saja, kok. Yuk, simak resep selengkapnya berikut ini.

1. Bahan-bahan yang harus tersedia  

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagalbakingamoment.com

Bahan roti:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur

Bahan biang:

  • 2 sdt ragi instan
  • 2 sdt gula pasir
  • 100 ml air hangat

Bahan topping:

  • 6 sdm saus tomat
  • 50 gram keju mozzarella
  • 4 buah sosis sapi atau ayam
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 50 gram jamur kancing
  • paprika hijau secukupnya

2. Uleni adonan hingga kalis  

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagalyuppiechef.com

Siapkan bahan biangnya terlebih dahulu. Masukkan ragi instan dan gula pasir ke dalam wadah, lalu tuang air hangat secukupnya. Aduk sesekali hingga larut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai berbusa.

Selanjutnya, masukkan tepung terigu, garam, dan minyak ke dalam wadah. Tambahkan air ragi yang sudah berbusa, lalu aduk dan uleni adonan hhingga merata. Kalau terlalu kering, tuang air hangat secukupnya dan aduk kembali hingga kalis.

Baca Juga: Resep Kue Cucur Cokelat yang Lembut dan Enak Banget

3. Bungkus adonan dengan plastic wrap  

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagalsaltandbaker.com

Bentuk adonan menjadi bulat, lalu masukkan ke dalam wadah. Tutupi adonan dengan kain basah atau plastic wrap selama kurang lebih sejam, agar adonan dapat lebih mengembang sampai dua kali lipat.

Setelah sejam, kempiskan adonan dan uleni lagi agar kembali elastis. Kemudian, siapkan teflon di atas kompor dan oleskan dengan mentega atau minyak goreng secukupnya. Panaskan sebentar dengan api kecil.

4. Tata adonan pizza di teflon  

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagalthekitchn.com

Pipihkan adonan pizza menggunakan rolling pin, pastikan tidak terlalu tipis atau sebaliknya. Kemudian, tata adonan ke dalam teflon yang sudah sedikit panas. Tata sedemikian rupa sampai seluruh permukaan teflon tertutupi merata.

Selanjutnya, tusuk adonan pizza yang sudah tertata rapi di teflon menggunakan garpu. Ini bertujuan supaya udara di bawah bisa keluar dengan baik. Sehingga, adonan pizza bisa matang merata dengan renyah.

5. Tutup teflon dan masak pizza hingga matang  

Resep Pizza Teflon Sederhana ala Rumahan, Gampang dan Antigagalthekitchn.com

Setelah adonan termasak selama sepuluh menit, olesi permukaannya dengan saus tomat secara merata. Susun topping di atasnya, seperti daging sapi, bawang bombay, paprika, dan jamur kancing. Taburi pula permukaanya dengan parutan keju mozzarella.

Jika sudah, segera tutup teflonnya dan masak pizza dengan api kecil sampai matang, kejunya meleleh, dan rotinya berwarna kecokelatan. Segara angkat jika sudah matang, lalu tunggu dingin dan potong pizza menjadi beberapa bagian.

Itulah resep dan cara membuat pizza ala rumahan dengan mudah menggunakan teflon. Kamu gak perlu lagi membeli mahal-mahal di luar, deh. Rasanya dijamin gak kalah enak, kok!

Baca Juga: Resep Pizza Kentang Sosis yang Simpel  Tanpa Adonan Tepung

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya