Comscore Tracker

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan 

Terapkan tips ini agar lebih cantik dan anti gagal

Bolu kukus pandan dapat dikreasikan dengan apa saja karena rasanya yang simpel namun sangat lezat. Bolu akan semakin nikmat dengan saus santan sehingga rasanya kaya akan cita rasa.

Kamu bisa membuat tanpa menggunakan oven karena dibuat dengan cara dikukus. Rasanya akan manis dan legit, jika kamu berhasil membuatnya.

Berikut ini ada 5 tips untuk membuat bolu kukus pandan buatanmu anti gagal. Tips ini dibagikan oleh Devina Hermawan melalui kanalnya di YouTube. Yuk, langsung simak!

1. Aduk adonan telur hingga merata 

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan Proses mengaduk adonan dengan standing mixer (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk cara pembuatan bolu kukus rasa pandan, pertama kocok telur, gula pasir, dan TBM menggunakan mixer atau bisa juga menggunakan whisk.

Jika kamu menggunakan standing mixer, pastikan angkat sedikit wadahnya agar adonan tercampur secara merata sampai bawah.

2. Aduk hingga mengembang atau mencapai ribbon stage 

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan Kondisi ribbon stage (youtube.com/Devina Hermawan)

Campuran telur, gula pasir, dan TBM akan berubah warna menjadi memucat saat dikocok dengan menggunakan mixer. Untuk hasil yang sempurna, pastikan kamu mengocoknya hingga mengembang dan mencapai ribbon stage.

Ribbon stage adalah kondisi yang terjadi pada adonan telur yang memucat, mengembang, dan membentuk pita saat diangkat menggunakan whisk. Hal itu juga ditandai dengan gelembung kecilnya yang mengkilap.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pandan Cokelat, Cantik dan Mengembang Sempurna

3. Tambahkan bahan lainnya setelah ribbon stage

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan Proses membuat bolu kukus pandan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan telur mencapai ribbon stage, masukkan bahan lain seperti tepung terigu dan maizena yang sudah diayak, minyak, susu kental manis, dan pasta pandan ke dalam adonan telur.

Penambahan susu kental manis akan membuat tekstur bolu menjadi lebih lembut sehingga membuat hidangan lebih lezat. Aduk dengan mixer di kecepatan rendah hanya sampai tercampur rata.

4. Lapisi loyang dengan baking paper 

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan Proses menuangkan adonan (youtube.com/Devina Hermawan)

Letakkan kertas roti atau baking paper seukuran loyang di bagian dasar. Hal ini untuk memudahkan kue keluar setelah matang. Hal ini juga untuk membuat kue tidak menempel dan sulit untuk dikeluarkan.

Dengan mempraktikkan tips ini, bolu kukus akan berbentuk indah sekaligus meringankan proses pengerjaan.

5. Buat saus santan agar semakin nikmat 

5 Tips Bikin Bolu Kukus Pandan ala Devina Hermawan Proses membuat saus santan (youtube.com/Devina Hermawan)

Sajikan juga kue dengan saus santan agar rasanya semakin kaya cita rasa dan nikmat. Saus santan dapat dibuat menggunakan santan kental, air, gula pasir, maizena, dan garam dengan didihkan hingga mengental.

Itulah tips membuat bolu kukus pandan yang tentunya sangat cocok disantap setiap saat. Dengan menerapkan tips di atas, bolu kukus buatanmu akan lebih cantik dan anti gagal.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pandan Cokelat, Cantik dan Mengembang Sempurna

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya