Comscore Tracker

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!

Dijamin gak bakal enek meski makan banyak

Kue sus atau choux pastry merupakan salah satu camilan populer yang lembut dengan bagian kosong di dalamnya. Di Indonesia, bagian kosong tersebut diisi vla untuk mempermanis rasa.

Selain itu, ada juga yang menambahkan potongan buah untuk memberi sensasi segar. Kudapan ini disebut juga sebagai sus buah. Sekali gigitan akan terasa manis, gurih, dan segar.

Kalau belum pernah mencicipinya, kamu bisa membuatnya di rumah. Camilan ini terbilang cukup mudah untuk dikreasikan. Bahkan, sus buah bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan, lho. Simak resep selengkapnya berikut ini, deh.

1. Bahan membuat sus buah

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!Ilustrasi buah (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Bahan kue sus:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram margarin
  • 3 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 ml air 
  • 1/2 sdt garam

Bahan vla:

  • 800 ml susu cair
  • 60 gram tepung maizena
  • 160 gram gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt vanili
  • 2 sdm margarin
  • 1/4 sdt garam

Bahan topping:

  • Stroberi, iris tipis
  • Anggur merah, belah menjadi empat
  • Kiwi, potong kecil
  • Nanas, potong kecil

2. Buat adonan kue sus terlebih dahulu

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!Ilustrasi membuat adonan kue sus ( womensweekly.com)

Siapkan teflon, masukkan tepung maizena, gula pasir, vanili, garam, dan air putih ke dalamnya. Nyalakan api kecil, masak hingga margarin meleleh serta mendidih.

Tambahkan tepung terigu, aduk sampai adonan menyatu dan juga kalis. Matikan api kompor, lalu taruh adonan dalam wadah.

Diamkan adonan kurang lebih 10 menit hingga sudah tidak panas. Kalau sudah dingin, masukkan telur satu per satu sambil aduk menggunakan mikser berkecepatan rendah. Lakukan sampai bahan tercampur rata. 

3. Cetak menggunakan cetakan muffin

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!Ilustrasi mencetak adonan kue sus (youtube.com/atha naufal)

Masukkan adonan kue sus ke dalam plastik segitiga. Gunting sedikit ujung plastik. Kemudian, siapkan cetakkan kue muffin, olesi setiap cetakannya dengan margarin.

Setelah itu, semprotkan piping bag yang sudah berisi adonan tadi ke dalam cetakan melingkar. Mulai dari menyemprot dasarnya hingga naik sampai ke bagian 3/4 cetakan. 

Panaskan oven selama 10 menit. Masukkan loyang kue, panggang di suhu 200 derajat Celsius selama 15-20 menit menggunakan api atas dan bawah. Angkat kue bila buih-buih adonan sudah hilang. Diamkan dulu agar suhu kue turun, lalu lepas dari cetakan. 

Baca Juga: 5 Olahan Kue Sus Keju yang Cocok Buat Bingkisan Orang Terkasih

4. Lanjut dengan membuat vla

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!Ilustrasi membuat vla (merryboosters.com)

Selagi kue masih panas, buatlah vla untuk isiannya. Siapkan wajan, lalu masukkan tepung maizena, gula pasir, garam, kuning telur, vanila, dan susu cair. Aduk menggunakan whisk sampai tercampur tanpa ada bagian yang menggumpal.

Selanjutnya, masak vla di atas api sedang. Aduk vla hingga tidak ada bagian yang gosong di dasar panci. Matikan api bila adonan sudah tampak mengental dan meletup-letup. Tetaplah mengaduk, sampai uap air dalam panci hilang.

5. Cara menyajikan kue sus buah

Resep Sus Buah Enak untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis!Ilustrasi memberi topping buah (youtube.com/atha naufal)

Taruh vla dalam plastik segitiga, lalu gunting ujung plastiknya. Tuang vla ke dalam lubang kue sus sampai penuh. Ulangi hingga adonan habis. Atur topping buah di atasnya.

Biar kulit permukaan kue tampak cerah, buat adonan agar-agar yang terdiri dari 1 sendok makan bubuk agar-agar, 1 sendok teh gula pasir, dan air 100 ml. Rebus semua bahan sampai mendidih, lalu tunggu sampai suhunya menjadi hangat.

Siram di atas buah masih-masing sekitar satu sendok teh. Setelah adonan agar-agar dingin, kue sus buah siap dinikmati, deh.

Selain dijadikan teman minum teh, kue sus buah ini bisa kamu jadikan ide jualan juga, lho. Rasa manis, creamy, dan segarnya buah pasti banyak yang suka. Sajikan dengan cup roti supaya tampilannya semakin menarik. 

Baca Juga: Resep Membuat Kue Sus Cokelat, Dijamin Semua Pasti Suka!

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya