Comscore Tracker

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaat

Yuk, mulai konsumsi makanan sehat!

Mengonsumsi sayuran hijau sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jenis-jenis sayuran yang dapat dikonsumsi pun sangat beragam, salah satunya adalah sayur okra. Okra adalah sayuran khas wilayah tropis yang kini sudah banyak di jual di beberapa supermarket Indonesia.

Meski belum begitu dikenal, sayuran yang memiliki bentuk runcing dengan dua varian warna hijau dan merah. Okra merupakan sayuran yang paling digemari dan cukup populer di berbagai negara dari Asia bahkan Eropa karena lezat dan kaya manfaat. Olahan sayur okra pada dasarnya juga sangat mudah dan banyak varian resepnya. Apa saja?

1. Tumis okra dengan udang

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatfoodwhirl.com/

Untuk membuat olahan sedap okra yang satu ini, bahan yang harus disiapkan yaitu okra muda 15 buah, semangkuk kecil udang kupas, cabe merah besar dan cabe rawit merah masing masing 5 buah, serta bawang putih dan bawang merah masing masing 4 siung.

Siapkan juga garam, air, minyak goreng, dan penyedap rasa secukupnya.

Agar tumis okra udang terasa gurih dan empuk saat disantap, pilihlah okra muda berukuran sedang yang masih segar. Okra yang terlalu tua atau besar biasanya memiliki rasa yang cenderung hambar dan terlalu keras.

2. Kulup sayur okra

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatfoodandwine.com/

Jika kurang suka dengan tekstur okra yang berlendir, sayuran ini juga dapat dimasak utuh-utuh menjadi kulup sayur okra. Meski dimasak tanpa dipotong-potong, cita rasanya tak kalah sedap dengan olahan okra yang lainnya. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat simpel, hanya perlu menyiapkan beberapa buah sayur okra dan saus jamur atau kecap asin sesuai selera.

Tak hanya enak, kandungan dari olahan sayur okra juga memiliki banyak manfaat yang menyehatkan, salah satunya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat larut dalam sayur okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke.

3. Sayur okra tahu gurih

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatfullcircle.com/

Sayur okra juga bisa diolah bersama dengan tahu dan menjadi santapan sederhana yang istimewa. Bahan yang perlu disiapkan adalah 500 gram okra beku,  tahu kotak 6 potong atau sesuai selera, 2 genggam kelapa parut, paprika merah 1 buah, bawang merah dan bawang putih masing-masing 4 siung, santan sesuai selera, kaldu ayam, 1 buah asam matang, merica, gula, dan garam secukupnya.

Sayur okra tahu gurih ini akan semakin lezat dan gurih jika potongan okra diolah dengan ukuran irisan besar. Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengonsumsi okra dengan teratur juga terbukti mampu mencegah gangguan fungsi ginjal.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Okra dengan Tepat, Biar Makin Lezat dan Bebas Lendir!

4. Tumis okra polos

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatomnivorescookbook.com/

Sayur okra dapat diolah menjadi menu yang renyah seperti olahan tumis okra polos.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu 500 gram okra dan 1 siung bawang yang sudah dipotong kecil-kecil,1/2 sendok makan asafutida, 3 sendok makan minyak goreng, lalu bubuk kunyit, bubuk cabai merah, bubuk daun ketumbar, garam masala, bubuk jintan, bubuk amchur semuanya masing-masing 1 sendok makan, serta garam sesuai selera.

Untuk mendapatkan rasa olahan tumis okra yang maksimal, masaklah dengan api besar sambil diaduk terus-menerus untuk mencegah okra agar tidak semakin lembek dan berlendir.

5. Asam pedas daging sapi okra

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatcookinglight.com/

Olahan yummy dari perpaduan sayur okra dan daging sapi ini butuh 1 kilogram daging sapi sekaligus dengan tulang dan lemaknya untuk membuatnya. Selain daging sapi dan 200 gram sayur okra, siapkan juga 2 buah tomat yang dipotong kotak-kotak, lalu cabe rawit merah dan hijau secukupnya, air rendaman asam jawa sesuai selera, serta garam, gula pasir, dan penyedap jamur sesuai selera.

Terakhir siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah 15 siung, bawang putih 8 siung, kemiri 3 butir, serai panjang 1 batang yang diiris kecil-kecil, lengkuas seukuran 2 ruas jempol yang diiris kecil-kecil, jempol kunyit 1 ruas, terasi 1 sendok, cabe merah 6 buah dan cabe rawit 10 buah atau sesuai selera.

Mengonsumsi olahan okra ini juga bermanfaat bagi ibu hamil maupun menyusui. Sayur okra mengandung folat yang mampu membantu perkembangan janin dan menurunkan resiko cacat pada bayi.

6. Sup okra bening

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatcookpad.com/

Sayur okra juga dapat diolah menjadi sup yang maknyus!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah okra 1 buah, telur 1 buah, sosis yang telah dipotong-potong 1 buah, bawang putih 3 siung yang sudan digeprek, merica bubuk 1/4 sdt, garam, gula dan kaldu jamur masing masing 1/2 sdt, bawang daun yang simpulkan 2 batang, beberapa tetes minyak wijen, dan air kaldu 300-500 ml.

Siapkan juga bumbu pelengkap berupa bawang merah goreng 1 sdm, bawang daun iris 1 sdm, seledri iris 1/2 sdm, sambal kecap rawit, dan jeruk kunci.

Olahan okra berkuah kaldu yang mantap ini memiliki kandungan antioksidan yang bersifat anti kanker dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Okra masak dengan sosis

7 Pilihan Menu Olahan Okra, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaatdudethatcookz.com/

Sayur okra juga dapat diolah bersama dengan sosis lho! Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dua porsi olahan okra sosis yaitu sayur okra 10 buah, sosis 2 buah, wortel 1 buah, tomat 1 buah, paprika 1/2 buah, bawang bombay 1/4 bagian, bawang putih 3 siung, cabai merah 3 siung, saus tiram 1 sdm, kecap ikan 1/2 sdm, lalu garam, merica, olive oil, dan air secukupnya.

Dan ternyata, dari sekian banyak manfaat dari mengonsumsi olahan okra, bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata juga salah satunya. Ini karena sayur okra kaya akan kandungan beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Gimana, kamu penasaran ingin mencoba resep yang mana nih? 

Baca Juga: 8 Tips Memilih dan Mengolah Lobak Putih, Bebas Langu dan Pahit!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya