Comscore Tracker

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!

Bolunya lembut dan gurih kejunya terasa  

Apakah kamu pecinta kue bolu, tapi enggan membelinya di luar? Tenang, kamu bisa membuat bolu keju di rumah yang ekonomis, lho.

Sebab, bahan-bahannya mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Bahan utamanya mirip dengan bolu kebanyakan. Namun, hal yang membedakan adalah keju yang melimpah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, praktikkan resep di bawah ini!

1. Bahan dana alat yang perlu disiapkan 

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!ilustrasi tepung dan telur (pexels.com/ LosMuertos Crew)

Bahan-bahan:

  • 120 gram gula pasir
  • 125 gram margarin
  • 120 gram terigu
  • 10 gram susu bubuk
  • 10 gram maizena
  • 4 butir telur
  • 1 sendok teh SP
  • Garam secukupnya

Bahan topping:

  • Buttercream secukupnya
  • Keju cheddar parut

2. Lelehkan margarin sebelum dicampur dengan adonan 

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!ilustrasi melelehkan margarin (freepik.com/serhii_bobyk)

Panaskan panci dengan kompor sedang. Setelah panas, masukkan margarin sesuai takaran. Aduk dengan spatula sampai margarin leleh atau cair. Kemudian, matikan jika sudah leleh semua. 

Ambil wadah ukuran sedang. Lalu, masukkan gula, telur, dan garam halus. Gunakan mikser untuk menghaluskan adonan. Mikser hingga adonan halus dan mengembang sempurna. Lalu, masukkan margarin yang sudah di lelehkan. Aduk kembali dengan spatula secara perlahan sampai tercampur rata.

Baca Juga: Resep Bolu Kentang Kukus yang Manis dan Mekar Sempurna

3. Siapkan cetakan loyang untuk memanggang 

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!ilustrasi loyang kue (pixabay.com/malinbatmastar)

Untuk membuat kue bolu ada baiknya kamu memilih cetakan kue yang bundar. Selain lebih menarik, kue juga mudah untuk ditiriskan. Sebelum di masukkan adonan, loyang harus terlebih dahulu diolesi dengan margarin dan taburan tepung, supaya mudah dilepas serta tidak gosong. 

Tuang semua adonan halus ke dalam loyang ukuran 20 cm. Hentakkan beberapa kali, agar adonan tidak berongga dan lebih padat. Taburi sedikit keju parut di bagian atas adonan.

4. Panaskan oven dengan suhu sedang 

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!ilustrasi memanggang kue (pexels.com/cottonbro)

Setelah itu, masukkan loyang yang sudah diisi dengan adonan bolu. Panggang kue dengan suhu 170 Celsius. Kamu bisa menggunakan oven api panas dan juga bawah. 

Untuk membuat kue tidak matang sebagian, jangan sering membuka dan menutup oven selagi masih dalam keadaan memanggang. Itu tidak akan membuat bolu matang dengan baik.

5. Keluarkan loyang, lalu tiriskan 

Resep Bolu Keju Oven dengan Bahan Ekonomis, Hasilnya Yummy!ilustrasi bolu keju ekonomis (instagram.com/vitakwee)

Jika bolu sudah dipanggang selama 30 menit itu tandanya kue sudah matang. Namun, tergantung dari spesifikasi oven yang digunakan , ya. Hati-hati saat mengeluarkan kue karena masih dalam keadaan panas. 

Kemudian, biarkan bolu dingin sebentar baru kemudian bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Sajikan bolu keju dengan mengoleskan terlebih dhulu buttercream. Bisa juga ditambahkan dengan parutan keju  sesuai selera.

Bolu keju ini cocok dimakan bersama dengan teh hangat ata bisa juga denga kopi. Selain enak tentu saja bolu keju ini bisa mengenyangkan perut. Untuk lebih eknomisnya lagi kamu bisa sepenuhnya menggunakan tepung terigu. Selamat mencobanya sendiri.

Baca Juga: Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembang

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya