Comscore Tracker

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembang

Bolu lembut anti gagal

Simak resep bolu sukun panggang berikut ini. Buah sukun merupakan salah satu buah tropis yang mirip dengan nangka. Namun, daging buah sukun berwarna putih yang empuk dan bercita rasa manis. Selain itu, buah sukun juga tidak mempunyai biji sehingga banyak diminati dan dicari. 

Buah sukun sering kali diolah menjadi berbagai hidangan, seperti keripik sukun, sukun goreng, hingga menjadi bahan isian membuat kolak. Selain itu, sukun juga bisa dikreasikan menjadi bolu yang enak dan lembut. Penarasan dengan cara membuatnya? Berikut resep membuat bolu sukun panggang yang bisa kamu coba di rumah!

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembangilustrasi bahan-bahan (pexels.com/ANTONI SHKRABA Production)

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu sukun cukup banyak, jadi catat baik-baik ya.

  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt SP
  • 250 gr tepung terigu
  • 150 gr mentega yang sudah dicairkan
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdt baking powder
  • 2 sdt vanili cair
  • 250 gr sukun, kukus dan haluskan

2. Buatlah adonan bolu sukun

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembangilustrasi membuat adonan (pexels.com/Felicity Tai)

Langkah awal membuat bolu sukun panggang yaitu siapkan wadah, lalu masukkan gula pasir, SP, dan telur. Kemudian, kocok dengan mixer hingga mengembang dan putih pucat.

Setelah adonan mengembang, masukkan sedikit pewarna kuning telur agar lebih cantik. Kocok kembali hingga warna tercampur rata. Kemudian, masukkan sukun lalu mixer hingga semua bahan tercampur merata.

Baca Juga: Resep Bolu Sukun Gula Aren Kukus, Pas untuk Suguhan di Rumah

3. Tambahkan adonan kering pada adonan bolu

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembangilustrasi menuangkan tepung (pexels.com/Nicole Michalou)

Pastikan sukun dan adonan basah tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Selanjutnya, masukkan campuran tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder yang sudah diayak sebelumnya. Lalu, mixer dengan kecepatan rendah hingga tidak ada tepung yang menggumpal.

Setelah itu, masukkan vanili cair, aduk sebentar. Selain menggunakan vanili cair, kamu juga bisa menggunakan vanili bubuk. Terakhir, masukkan mentega yang sudah dicairkan dan aduk kembali dengan spatula.

4. Siapkan loyang dan panaskan oven

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembangilustrasi menyiapkan loyang (pexels.com/Los Maertos Crew)

Setelah adonan siap, panaskan oven dengan suhu 180°C selama kurang lebih 10 menit. Sembari menunggu oven panas, tuangkan adonan ke dalam loyang.

Siapkan loyang ukuran 24x24 cm, lalu olesi dengan mentega. Kemudian, masukkan adonan bolu sukun. Kamu juga bisa menambahkan topping di atasnya, seperti keju, kismis, almond, dan lainnya. Hentakkan loyang beberapa kali, lalu panggang selama kurang lebih 40 menit.

5. Bolu sukun panggang siap dinikmati

Resep Bolu Sukun Panggang, Bolu Lembut dan Super Ngembangilustrasi bolu sukun (pixabay.com/congerdesign)

Setelah 40 menit dipanggang, cek kematangan bolu dengan tusuk gigi. Bila tidak ada adonan yang menempal, tandanya bolu sudah matang.

Angkat loyang dari oven, diamkan sebentar hingga mencapai suhu ruangan. Lalu, keluarkan bolu dari loyang dan potong menjadi beberapa bagian. 

Rasa manis dan teksturnya yang lembut memang sangat pas dinikmati dengan secangkir teh hangat. Yuk, segera recook resep bolu sukun panggang di dapur rumahmu!

Baca Juga: Resep Bolu Meses Panggang Anti Gagal, Teksturnya Super Lembut

Izam Lisa Photo Verified Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya