Comscore Tracker

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Topping

Teman makan burger, pizza, sandwich, hingga steak nih

Bawang yang bertekstur renyah dan beraroma khas ini kerap diolah sebagai topping untuk burger, pizza, sandwich, hingga steak dengan cara dikaramelisasi atau yang disebut denganCaramelized Onion. Usut punya usut, penamaan ini berasal dari berubahnya kandungan gula yang dimiliki oleh bawang bombay menjadi karamel ketika dipanaskan.

Nah, yuk simak tips mengolah karamel bawang bombay supaya sedap dan harum! 

1. Gunakan teknik Julienne slices saat mengiris bawang bombay

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Toppingsimplyrecipes.com

Kupas kulit bawang bombay, singkirkan akar dan tangkainya, lalu potong bawang bombay menjadi empat bagian. Kemudian, iris tipis-tipis sekitar 2 mm dan pastikan lapisan-lapisannya saling terpisah.

Teknik memotong ini dikenal dengan Julienne slices sebab akan menghasilkan bawang bombay yang lembut dan juicy. Pasalnya, irisan yang terlalu tebal justru menghabiskan waktu yang jauh lebih lama untuk proses karamelisasi, sedangkan irisan yang terlalu tipis malah membuatnya seolah menjadi bubur. 

2. Tumis bawang bombay dalam jumlah yang banyak secara sekaligus

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Toppingthefoodieandthefix.com

Sangat disarankan untuk memasukkan bawang bombay dalam jumlah banyak untuk sekali menumis. Pasalnya, bawang bombay tersebut akan menyusut seiring proses karamelisasi. Selain itu, proses karamelisasi pun memang membutuhkan waktu yang lama sebab harus menggunakan temperatur sedang saat menumis. 

Baca Juga: Resep Brownies Enak ala Kris Jenner, Camilan Enak Favorit Keluarga

3. Tambahkan garam untuk mengatasi evaporasi saat menumis bawang bombay

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Toppingsplendidtable.org

Ternyata bawang bombay akan sulit terkaramelisasi dengan sempurna apabila air di dalam daging bawang tersebut justru terevaporasi. Misalnya, bawang bombay malah tampak begitu kering. Nah, tambahkan saja sedikit garam untuk menyiasatinya, lalu diaduk perlahan.

4. Tumis bawang bombay menggunakan butter dan minyak zaitun

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Toppinglandolakes.com

Tumislah bawang bombay menggunakan sumber lemak seperti butter dan minyak zaitun. Lelehkan butter di dalam wajan yang telah dituangkan minyak zaitun dengan api sedang selama 2-3 menit. Kemudian, aduk butter dan minyak zaitun tersebut dengan merata. Tunggu hingga panasnya pas untuk mulai menumis bawang bombay.

5. Angkat apabila bawang bombay sudah layu, kecokelatan, dan wangi

5 Tips Memasak Caramelized Onion yang Sempurna Sebagai Toppinggreensnchocolate.com

Selanjutnya, aduklah bawang bombay dengan perlahan dan usahakan irisan-irisannya saling lepas. Lalu, tambahkan gula pasir secukupnya. Bawang bombay dapat diangkat apabila sudah tampak layu, berwarna kecokelatan, bagian pinggirnya sudah agak kering, serta beraroma wangi.

Itulah tips memasak caramelized onion yang bisa kamu coba di rumah. semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Resep Bikin Samgyetang, Sup Ayam Korea yang Cocok Disantap Saat Flu

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya