Comscore Tracker

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lho

Semuanya mudah dibuat kok!

Saat ini budaya Korea memang sedang nge-trend banget. Gak hanya musik KPop-nya saja yang digemari, kuliner-kuliner khas Negeri Gingseng tersebut juga banyak penggemarnya. Ternyata, Korea memiliki banyak makanan khas yang bisa bikin lapar. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, semuanya ada. 

Sekilas makanan-makanan khas Korea terlihat sulit untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Namun jangan salah, ternyata makanan Korea gak sesulit seperti yang dibayangkan kok! Terlebih, saat ini banyak toko yang menjual bahan-bahan makanan Korea. 

Nah, bagi kamu yang saat ini pingin nyemil, bisa nih coba bikin camilan khas Korea berikut di rumah. Tenang, semuanya mudah untuk dibuat kok!

1. Matang

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhomaangchi.com

Walaupun punya nama yang mirip dengan bahasa Indonesia, tetapi makanan satu ini merupakan camilan khas Korea lho! Matang merupakan camilan yang terbuat dari ubi yang dicampur dengan karemel.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya membutuhkan ubi, minyak untuk menggoreng, gula, dan black sesame seeds sebagai taburan. Camilan yang satu ini mirip dengan ketela goreng khas Indonesia, hanya saja saat penyajiannya dicampur dengan karamel.

2. Hotteok

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhopinterest.com

Saat ini Hotteok sudah banyak dijual di Indonesia. Banyak cafe atau restoran yang menjual dessert asal Korea yang satu ini. Hotteok merupakan pancake manis khas Korea. Saat mengunjungi Korea, cemilan satu ini bisa dengan mudah kamu temukan di daerah Insadong dan Myeondong.

Tapi, kalau kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, bisa kok. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hotteok adalah tepung serbaguna, air hangat, dry yeast, vegetable oil, gula, gram, gula merah, walnut atau kacang-kacangan, dan bubuk kayu manis. 

3. Sweet Rice Cake

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhoyoutube.com/꼬마츄츄

Camilan khas Korea yang satu ini lebih dikenal dengan nama Yaksik. Dari namanya saja maka kamu akan tau kalau makanan ini terbuat dari beras ketan. Yaksik memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Sekilas Yaksik terlihat mirip dengan salah satu jajanan khas Indonesia, wajik.

Cara pembuatan Yaksik sebenarnya juga gak jauh beda dengan Wajik. Yaksik dibuat dari campuran beras ketan, madu, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Sehat sekali, bukan?

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Bali yang Enak Dijadikan Camilan, Bukan Pie Susu!

4. Eomukguk

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhomaangchi.com

Para pecinta KDrama pasti udah gak asing lagi sama camilan yang satu ini. Eomukguk sering banget muncul dalam adegan KDrama. Eomukguk sendiri merupakan sup fish cake. Ternyata Eomukguk bisa kamu buat sendiri lho di rumah! Kamu bisa membeli eomuk (fish cake) beku. Dan biasanya dalam satu paket sudah ada bumbu untuk kuah supnya. 

5. Bungeoppang

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhoohmynews.com

Kalau kalian pernah melihat roti berbentuk ikan di KDrama, makanan tersebut bernama bungeoppang. Berbentuk ikan, bungeoppang berisi kacang merah manis. Saat ini bungeoppang cukup mudah ditemui di Indonesia. Namun biasanya bungeoppang di negeri kita ini tidak berisi kacang merah, tapi es krim.

Sebenarnya, bungeoppang bisa dibuat sendiri di rumah lho! Apalagi bahan-bahannya mudah ditemui. Tinggal siapkan tepung serbaguna ½ sdt garam, baking soda, gula, air, vegetable oil, Kacang merah manis. Bahan-bahan tersebut tinggal dicampur lalu dituangkan dalam cetakan berbentuk ikan.

6. Tteokbokki

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhofuturedish.com

Camilan khas Korea yang satu ini populer banget di Indonesia. Tteokbokki sendiri merupakan primadonanya Korean street food. Saat ini sudah banyak restoran dan kafe di Indonesia yang menjual tteokbokki. Sebenarnya tteokbokki yang dibuat oleh orang Indonesia dan Korea sedikit memiliki perbedaan.

Tteokbokki asli Korea, sausnya lebih encer dan kurang pedas. Tteokbokki sebenarnya sangat mudah dibuat sendiri di rumah lho. Tinggal siapkan bahan-bahannya seperti tteok (kue beras), air, dried anchovies (teri), gochujang (pasta cabai Korea), bubuk cabai, gula, daun bawang, telur rebus, odeng (fish cake).

7. Kimbap

Bikin Lapar, 7 Camilan Khas Korea Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah Lhochristinathepolyglot.wordpress.com

Di Jepang makanan yang satu ini lebih populer dengan nama Sushi. Sebenarnya antara Sushi dan Kimbap asli Korea memiliki sedikit perbedaan. Jika Sushi bahan isiannya lebih banyak didominasi ikan-ikan segar, maka Kimbap berisi sayur dan telur dadar. 

Gak perlu jauh-jauh pergi ke restoran, kamu juga bisa membuat kimbap sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah nasi, sesame oil, garam, bayam, wortel, nori (rumput laut), dan muji (yellow pickled radish), telur dadar/daging ham/bulgogi (tambahkan sesuai selera).

Itulah tadi 7 camilan khas Korea yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Kamu mau nyoba bikin yang mana dulu nih?

Baca Juga: 7 Camilan Terviral Sepanjang Tahun 2018, Sudah Pernah Coba Belum?

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You