Comscore Tracker

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manado

Dessert manis lumer di mulut #LokalIDN

Berbahan dasar daging buah kelapa muda, susu, mentega dan telur, klappertaart merupakan salah satu kue manis khas Manado. Untuk pembuatannya, klappertaart bisa dimasak dengan cara dipanggang atau pun tidak dipanggang.

Klappertaart yang tidak dipanggang cenderung memiliki tekstur yang lebih lembut dan creamy. Bagi kamu yang suka dengan dessert yang creamy dan legit, kamu bisa coba bikin klappertaart tanpa oven dengan resep di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manadoilustrasi kelapa muda (pexels.com/thunyarat klaiklang)

Bahan-bahan (untuk 4 cup):

  • 500 ml susu UHT
  • 3 butir kuning telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • 5 sdm tepung maizena
  • 9 sdm gula pasir
  • 60 gr kacang kenari
  • 75 gr margarin
  • 100 gr daging kelapa muda
  • Kismis secukupnya
  • Bubuk kayu manis secukupnya

2. Buat adonan cair klappertaart

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manadoilustrasi adonan cair klappertaart (instagram.com/yackikuka)

Untuk membuat adonan cair klappertaart, masukkan tepung terigu, tepung maizena, empat sendok gula pasir, kuning telur, dan 100 ml susu UHT di mangkuk. Kemudian, aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Manado yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh, Rasanya Autentik

3. Panaskan susu cair bersama adonan klappertaart

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manadoilustrasi panaskan adonan klappertaart (instagram.com/yackikuka)

Panaskan teflon atau wajan. Masukkan seluruh sisa susu UHT, lima sendok gula pasir, dan sejumput bubuk kayu manis, aduk rata dan panaskan menggunakan api sedang. Jika sudah cukup panas, masukkan adonan cair klappertaart sambil terus diaduk-aduk hingga mengental.

4. Tambahkan kacang kenari, kismis, margarin, dan kelapa muda

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manadoilustrasi kismis klappertaart (instagram.com/yackikuka)

Jika adonan klappertaart telah mengental, tambahkan kacang kenari, kismis dan margarin. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata. Tambahkan daging kelapa muda, lalu aduk kembali dan masak selama kurang lebih 5 menit.

5. Tuang adonan klappertaart pada cup, lalu beri topping

Resep Bikin Klappertaart tanpa Oven, Kue Creamy dan Legit Khas Manadoilustrasi klappertaart tanpa oven (instagram.com/yackikuka)

Siapkan empat buah cup ukuran 200 ml yang telah dibersihkan. Masukkan adonan klappertaart ke dalam cup dan ratakan permukaannya menggunakan sendok. Agar lebih menarik, taburkan kacang kenari, kismis, dan bubuk kayu manis secukupnya. Bersihkan pinggiran cup dan klappertaart tanpa oven siap untuk disajikan.

Agar teksturnya tidak berubah dan tetap lembut saat dinikmati, sebaiknya klappertaart disimpan di kulkas. Selain klappertaart dengan rasa original, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat varian rasa lain, seperti menambahkan keju, cokelat, blueberry, dan durian.

Baca Juga: Resep Cakalang Fufu Santan Khas Manado, Pedas Gurih Bikin Nagih!

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya