Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!

Bisa kamu praktikan dengan mudah di rumah

Ayam merupakan bahan makanan yang sangat umum dikonsumsi sehari-hari. Ada beragam olahan yang dapat dibuat dengan menggunakan ayam sebagai bahannya. Tentu saja salah satu menu yang paling populer adalah ayam bakar. Namun, saat membuat ayam bakar memerlukan cara-cara khusus agar hasilnga maksimal.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips membuat ayam bakar yang tepat, berikut lima caranya. 

1. Pastikan ayam dalam suhu ruang

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!theladders.com

Pada saat mempersiapkan bahan-bahan, pastikan bahwa ayam yang akan kamu gunakan telah bersuhu ruang. Ayam yang masih beku lebih baik dibiarkan hingga suhunya normal. Ayam yang tidak bersuhu ruang juga hanya akan membuat bagian dalamnya masih beku. Selain itu, pada saat proses pemasakan, bagian dalamnya tak akan matang, namun bila terlalu lama justru akan membuat bagian luarnya gosong. 

2. Ungkep ayam beberapa saat

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!eatthis.com

Pastikan bahwa kamu telah mempersiapkan rempah-rempah untuk membuat ayam bakar. Kamu dapat mengungkep ayam dalam beberapa menit hingga nantinya bumbu akan meresap sempurna ke dalam ayam. Selain itu, ayam juga tak akan mudah gosong saat dibakar nanti. 

3. Baluri ayam saat membakar

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!cookthestory.com

Kamu dapat melakukan cara pembaluran pada ayam ketika akan membakarnya. Cara ini dapat menggunakan kecap atau pun bahan campuran lainnya. Dengan begitu, maka akan membantu dalam mengurangi kemungkinan ayam akan gosong saat dibakar. 

Baca Juga: Bikin Ketagihan, Ini Resep Ayam Bakar Pedas Manis ala Yummy

4. Gunakan api sedang saja

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!today.com

Pada saat proses pembakaran, disarankan untukmu menggunakan api sedang saja. Hindari untuk memicu api membara agar tidak gosong saat dibakar. Dengan begitu, maka kematangannya akan merata. 

5. Pastikan panggangan dan arang berjarak cukup jauh

5 Tips Membuat Ayam Bakar yang Mudah, Anti Gosong dan Matang Merata!today.com

Dalam menggunakan alat pembakaran, pastikan bahwa pemanggang dan arang memiliki jarak yang jauh. Jarak yang terlampau dekat justru hanya akan membuat ayam menjadi mudah gosong terkena arang. Oleh sebab itu, berilah sedikit jarak agar kematangannya baik.

Nah, beberapa tips membakar ayam di atas semoga dapat memberikan informasi untukmu agar tak bingung lagi saat mengolah ayam. Mudah dilakukan di rumah, bukan? 

Baca Juga: Bumbunya Meresap, 10 Tips Memasak Ayam Bakar Seperti di Restoran

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya