Comscore Tracker

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!

Tiap pisau memiliki fungsinya masing-masing

Berbicara mengenai urusan dapur tentu tidak lengkap bila melewatkan salah satu alat masak yang paling sering digunakan, yaitu pisau. Memang pisau merupakan bagian terpenting yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengolah suatu bahan yang akan digunakan untuk memasak nanti.

Namun, pada umumnya kamu sering menyepelekan urusan pisau. Padahal pisau memiliki berbagai jenis dengan macam-macam fungsinya pula. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis-jenis pisau yang sering digunakan untuk keperluan dapur agar kamu juga dapat lebih maksimal dalam urusan memasak, berikut lima daftarnya! 

1. Pisau fillet

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!goyon-chazeau.com

Untuk kamu yang senang mengonsumsi ikan, tentu harus memiliki jenis pisau yang satu ini untuk memaksimalkan aktivitas memasakmu, ya. Pisau fillet ini memang memiliki bentuk yang unik dan ramping dengan ukuran yang lebih panjang dan runcing bila dibandingkan pisau pada umumnya.

Kelenturan pisau ini mampu membantumu dalam memisahkan tulang-tulang yang ada pada daging ikan. 

2. Pisau cincang

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!seriouseats.com

Jenis pisau ini mungkin sering kamu lihat di pasar tradisional maupun swalayan. Memang pisau jenis ini merupakan salah satu yang sering digunakan oleh para tukang daging ketika memotong-motong maupun mencincang daging sebelum dijual.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengiris bahan makanan secara tebal dan maksimal dalam mencincangnya. 

Baca Juga: Kitchen 101: 5 Tips Agar Pisau Kamu Setajam Pisau Chef Profesional

3. Pisau serba guna

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!Unsplash/wu yi

Pasti kamu sudah tidak asing lagi melihat jenis pisau yang sering ada di berbagai rumah-rumah. Memang pisau ini dapat disebut sebagai pisau serba guna sebab dapat digunakan untuk mengolah buah, sayuran, maupun daging-dagingan sehingga sangat membantumu yang masih merasa asing dengan berbagai jenis pisau yang berbeda.

Setidaknya tentu kamu harus memiliki satu jenis pisau serba guna ini agar memudahkan aktivitas memasakmu. 

4. Pisau roti

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!radakitchenstore.com

Kamu yang sering mengonsumsi roti baik untuk sarapan maupun camilan, wajib memiliki jenis pisau yang satu ini. Pisau roti memang memiliki kegunaan yang khas dan maksimal untuk memotong roti tanpa membuat sisa-sisa atau remahannya terjatuh. Pisau bergerigi ini dapat digunakan juga untuk memotong kue.

5. Pisau pengupas

5 Jenis Pisau yang Harus Kamu Tahu sebelum Memasak, Beda-beda!cangshancutlery.com

Untuk kamu yang sering mengalami kesulitan dalam mengupas bawang, buah, maupun sayuran kecil, kamu dapat menggunakan pisau jenis ini untuk mengupas dan memotongnya. Pisau ini secara fisik memiliki mata pisau yang relatif pendek dibandingkan jenis lainnya. Pisau ini tentu terlihat lebih ringan dan fleksibel.

Selain itu, kamu tidak membutuhkan talenan untuk menggunakannya, sebab cukup memotong atau mengupas dengan tangan saja sudah cukup.

Nah, 5 jenis pisau di atas dapat kamu miliki satu per satu untuk memaksimalkan aktivitas memasakmu di dapur. Sudah pernah mencoba menggunakannya?

Baca Juga: 6 Kuliner Daging Masak Santan yang Gurihnya Bikin Semangat Makan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya