Comscore Tracker

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsi

Cocok untuk buka puasa apalagi dibikin jadi kolak

Siapa yang tidak mengenal umbi-umbian yang satu ini? Memang umumnya kita mengenal ubi ataupun ubi jalar sebagai salah satu jenis tanaman budidaya yang masih sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

Tumbuhan berkarbohidrat ini memang menjadi makanan pokok di beberapa negara khususnya di Afrika. Sementara bagi orang Indonesia, ubi dimanfaatkan tidak hanya akarnya melainkan juga bagian daunnya untuk kebutuhan saat memasak sayuran. Di balik keunikannya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih ubi yang benar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih ubi yang benar dan sesuai agar manis saat dikonsumsi, simak yuk caranya di bawah ini!

1. Hindari ubi yang masih bergetah

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsifoodrevolution.org

Salah satu hal yang dapat ditentukan kematangannya dari ubi adalah dengan cara menghindari ubi yang masih terdapat getahnya. Kualitas kematangan dari ubi memang dapat ditandai dari apakah ada getah yang terdapat di dalamnya.

Umumnya apabila masih terdapat getah, maka bisa jadi ubi tersebut masih mentah dan kurang baik untuk dikonsumsi. Sementara, apabila kamu mencoba mengupasnya sedikit dan masih ada getah, ubi tersebut masih mentah dan akan terasa hambar.

2. Haruslah memiliki bobot yang pas

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsicookinglight.com

Sebelum memilih ubi yang sesuai, pastikan untuk melihat bobot yang ada pada ubi tersebut. Apabila kamu menemukan ubi yang terasa ringan saat dipegang, maka bisa jadi waktu pemanenannya telah lama sehingga zat air nya mengering. Sementara apabila justru berat, maka bisa jadi kandungan zat pati di dalamnya cukup banyak. Pilihlah ubi yang memiliki bobot pas dan sesuai.

Baca Juga: 5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka Puasa

3. Bertekstur kuat dan kokoh

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsihealth.com

Tekstur kuat dan kokoh disini adalah sebagai tanda bahwa ubi tersebut masih ada kondisi segar dan baru saja dipanen. Tentunya apabila kamu menemukan ubi dengan permukaan yang lembek, hal itu bisa jadi ubi tersebut telah busuk ataupun lama dipanen. Oleh sebab itu, pilihlah ubi dengan tekstur yang sesuai dan pas sehingga kualitas dapat terjaga.

4. Memiliki permukaan yang mulus

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsijamieoliver.com

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah permukaan dari ubi yang akan dibeli. Pastikan bahwa ubi memiliki permukaan yang mulus, tanpa ada lubang, busuk, ataupun hal-hal yang dapat membuat kualitasnya menurun. Apa yang terlihat oleh mata dapat menentukan kualitas dari ubi tersebut sehingga kita harus jeli saat memilihnya.

5. Jangan memilih ubi berserabut

5 Cara Memilih Ubi Manis Agar Lezat Saat Dikonsumsithetropixs.com

Selain berfokus pada permukaan ubi yang mulus, kita juga perlu menghindari ubi yang memiliki serabut pada bagian kulitnya. Ubi berserabut atau berkumis merupakan indikasi bahwa ubi tersebut telah tua dan tentunya tekstur akan cenderung lebih keras jika dibandingkan ubi yang masih muda atau baru saja dipanen. Tentunya hal ini akan menentukan kualitas dari ubi tersebut.

Nah, 5 tips memilih ubi di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli ubi yang tepat dan manis agar rasanya tetap lezat untuk dicicipi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Aneka Olahan Ubi Ungu, Cocok Jadi Cemilan Lezat Buat Lebaran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya