Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!

Kamu juga bisa bikin sendiri di rumah, lho

Olahan ayam goreng memang bukanlah menu baru dalam dunia kuliner. Pada umumnya ayam goreng memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut pada bagian dagingnya.

Lalu, bagaimana cara membuat ayam goreng sendiri di rumah agar hasilnya tetap lezat dan renyah? Yuk, cari tahu.

1. Marinasi potongan ayam sejenak dengan rempah

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!splendidtable.org

Proses pertama yang perlu kamu lakukan kepada bahan ayam yang telah dipotong-potong adalah dengan memarinasinya dengan rempah-rempah. Kamu bisa menentukan rempah sesuai selera, namun secara dasarnya seperti garam, merica, dan bawang putih.  Baluri pada ayam dan diamkan sekitar 30 menit hingga bumbu meresap sempurna.

2. Baluri ayam dengan tepung

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!thespruceeats.com

Setelah memastikan bahwa proses marinasi telah maksimal, persiapkan tepung yang akan digunakan. Tepung yang ada akan digunakan untuk membaluri potongan ayam. Pastikan untuk membalurkannya secara merata agar lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Aneka Olahan Ayam Goreng Khas Indonesia, yang Mana Favoritmu?

3. Rendam kembali ke dalam cairan

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!thespruceeats.com

Ayam yang telah terbalur tepung sebaiknya tak langsung digoreng, ya. Kamu bisa mencelupkannya kembali ke dalam cairan. Cairan tersebut dapat berupa larutan tepung, susu, buttermilk, dan lain sebagainya. Diamkan beberapa dikit agar cairannya juga meresap dengan sempurna.

4. Balur kembali dengan tepung

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!perdue.com

Setelah proses perendaman cairan yang dilakukan, maka kamu dapat membalurnya kembali. Baluri ayam dengan menggunakan tepung. Proses ini akan membantu memberikan tekstur krispi pada ayam setelah proses penggorengan nantinya.

5. Gunakan teknik deep frying

5 Tips Membuat Ayam Goreng yang Renyah dengan Bumbu Meresap, Lezat!onthewater.com

Pada proses penggorengan, biasakan untuk menggunakan teknik deep frying agar matang merata. Namun, kamu bisa menggoreng dengan api sedang pada awal. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan api besar agar hasilnya lebih maksimal dan renyah.

Nah, ternyata memang tak sulit dalam menghasilkan ayam goreng yang bertekstur krispi dengan bumbu meresap. Yuk, coba buat!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Obsesi Masyarakat Korea Selatan pada Ayam Goreng

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya