Comscore Tracker

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan Lembut

Siapapun tidak ada yang bisa menolak makanan manis ini

Makanan unik yang satu ini sudah sangat mendunia sebagai salah satu panganan lezat yang digoreng dan terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Seperti yang kita ketahui bahwa donat memiliki ciri khas bundar dan lubang pada bagian tengah, mirip seperti cincin. Namun, pada beberapa varian berbeda juga disediakan donat berbentuk bundar sempurna tanpa lubang dengan isian krim lezat.

Dibalik kelezatan cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara membuat donat yang benar? Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara membuat donat agar mengembang dengan baik dan bertekstur lembut, simak yuk apa saja!

1. Gunakan ragi untuk hasil yang maksimal

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan Lembutarchanaskitchen.com

Jika berbicara mengenai donat agar mengembang dengan sempurna, maka penggunaan ragi dirasa sangat tepat dan sesuai. Ragi digunakan sebagai salah satu komponen penting untuk proses pengembangan pada donat agar nantinya donat akan mengembang dengan sempurna dan tentunya anti bantet pada bagian tampilan.

2. Gunakan air hangat terlebih dahulu sebelum menaburkan ragi

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan LembutYoutube/PolarityMovieReseach

Ternyata ada satu hal yang patut diperhatikan sebelum memulai untuk menaburkan ragi pada bagian adonan donat. Pastikan untuk menuangkan air hangat pada mangkok dan tambahkan ragi, lalu campurkan adonan lain kedalamnya. Proses ini tentunya akan membantu donat mengembang dengan baik. Mulailah mengaduk adonan hingga terasa kering di tangan untuk memastikan bahwa adonan telah kalis.

Baca Juga: Apa Bedanya Donat dan Bagel? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!

3. Suhu yang tepat

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan Lembutmaangchi.com

Jika berbicara mengenai suhu tentunya sangat berkaitan dengan proses fermentasi dalam pengembangan hasil akhir dari donat. Gunakan air hangat dengan suhu sekitar 26-28 derajat selsius untuk hasil adonan yang baik. Jangan terlalu panas karena justru akan membuat fermentasi adonan akan relatif lebih cepat dan menghasilkan tekstur yang tidak bagus.

4. Perhatikan proses fermentasinya

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan Lembutthisoldgal.com

Donat memang salah satu hidangan yang membutuhkan waktu fermentasi dengan tujuan agar adonan dapat mengembang dengan baik. Pastikan bahwa donat akan dibiarkan mengembang dalam suhu ruang dan dan tingkat kelembaban kamar. Gunakan penutup pada bagian atas adonan dan diamkan selama 1-1.5 jam untuk mendapatkan hasil yang terbaik karena adonan donat akan mengembang 2-3 kali lipat dari sebelumnya.

5. Pastikan suhu dan durasi penggorengan untuk donat

5 Tips Membuat Donat Agar Mengembang dan Lembutdoughdoughnuts.com

Setelah memastikan adonan donat telah siap, proses akhir dalam penggorengannya pun menjadi salah satu yang utama. Gunakan suhu sekitar 190 derajat selsius selama 2 menit atau dalam artian 1 menit pada setiap sisinya untuk mendapatkan kematangan yang merata dan sempurna. Setelah itu, untuk topping dan rasa dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Nah, lima tips membuat donat di atas dapat menjadi referensi dalam mengolah donat agar mengembang dan memiliki tekstur yang lembut dan lezat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digoreng

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya