Comscore Tracker

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!

Bisa digunakan sebagai pilihan saus dressing, deh

Mayonaise merupakan salah satu jenis saus yang penggunaannya cukup sering digunakan pada aneka ragam makanan. Ciri khas dari mayonaise adalah konsistensinya yang kental, berwarna putih kekuningan, dan juga memiliki sensasi rasa masam. Namun, tahukah kamu bahwa mayonaise dapat pula dibuat sendiri di rumah?

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat mayonaise sendiri di rumah, berikut lima daftarnya. 

1. Persiapkan bahan-bahannya

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!staradvertiser.com

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat mayonaise. Beberapa bahan tersebut antara lain kuning telur, susu full cream atau susu kental manis, lemon atau cuka, minyak canola atau minyak sayur, dan mustard. Apabila kamu menggunakan susu kental manis, maka kurangi penggunaan gula di dalamnya. 

2. Pastikan takaran sesuai resep

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!movementandnutrition.co.uk

Saat membuat sesuatu, pastikan bahwa kamu telah mengetahui takarannya secara jelas. Takaran ini nantinya akan menentukan cita rasa dan keberhasilan dari olahan yang akan kamu buat. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu salah dalam menakar bahan-bahan yang akan digunakan. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Popcorn Sendiri di Rumah, Renyah dan Anti Gagal!

3. Gunakan food processor agar lebih cepat

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!cooksillustrated.com

Selain bahan-bahan pembuatannya, beberapa alat yang perlu kamu persiapkan antara lain food processor, baloon whisk, dan blender. Sebenarnya kamu tetap dapat membuat mayonaise meskipun tanpa menggunakan food processor. Namun, penggunaan alat tersebut akan membantumu dalam memangkas waktu yang ada. 

4. Campurkan semua bahan secara bertahap

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!foodnetwork.com

Apabila semua bahan dan alat telah siap, proses perbuatannya pun dapat dimulai. Kamu perlu mencampurkan bahan-bahan yang ada, dari mulai kuning telur atau susu dan juga mustard. Biarkan kedua bahan tersebut tercampur secara merata sebelum akhirnya ditambahkan minyak secara bertahap. Gunakan kecepatan sedang hingga nantinya adonan membentuk tekstur seperti krim lembut. 

5. Tambahkan bahan perasa sesuai selera dan tentukan konsistensinya

5 Tips Membuat Mayonaise Sendiri di Rumah, Anti Gagal dan Tetap Lezat!chiceats.com

Ketika membuat mayonaise sendiri di rumah, kamu dapat menentukan sensasi rasa dan konsistensinya tersendiri. Tambahkan perasan lemon atau cuka, garam, dan gula sesuai selera. Nantinya kamu dapat menentukan sendiri konsistensi dari mayonaise yang akan diperoleh. Bila sudah, maka mayonaise pun siap disajian dan ditambahkan bersama dengan hidangan.

Nah, aneka tips membuat mayonaise di atas semoga dapat memberikan informasi menarik agar kamu tak bingung lagi bila ingin membuatnya sendiri di rumah. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: Tips Memasak Paru Sapi yang Enak, Begini Cara Mudahnya

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya