Comscore Tracker

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!

Cocok untuk menu sarapan pagimu

Pancake merupakan sejenis kue panekuk yang biasa diolah untuk menu sarapan. Biasanya menu ini juga ditambahkan beberapa tambahan topping untuk menambah cita rasanya. Meski terkesan seperti menu makanan yang praktis, nyatanya membuat pancake tak semudah seperti yang dibayangkan. 

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membuatnya, berikut lima daftarnya. 

1. Mengolah adonan kering dan basah dengan wadah berbeda

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!Pexels/Skitterphoto

Hal yang pertama harus kamu ketahui adalah bagaimana memisahkan antara bahan basah dengan bahan kering. Ketika kamu mencampurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, gula, garam, dan baking powder, maka kamu harus menggunakan satu wadah khusus.

Sementara, sediakan wadah lainnya untuk bahan-bahan kering seperti mentega, telur, dan susu. Ketika semua bahan telah tercampur di wadahnya masing-masing, maka kamu dapat mencampurkan keduanya. 

2. Mengaduk dengan perlahan

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!theviewfromgreatisland.com

Ketika kamu akan mencampurkan semua bahan-bahannya, lakukanlah secara perlahan. Bila terlalu keras dalam mengaduk, maka akan menyebabkan adonan pancake-mu cenderung menjadi keras. Oleh sebab itu, lakukan lah dengan perlahan. 

Baca Juga: 5 Pancake Lezat dari Berbagai Negara yang Rasanya Bikin Nagih!

3. Menggunakan baking powder berkualitas

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!considerable.com

Bahan lainnya yang harus kamu pastikan kualitasnya adalah baking powder. Hal ini karena memang baking powder mengambil andil besar dalam membentuk tekstur pancake yang lembut dan fluffy. Oleh sebab itu, pastikan baking powder milikmu masih baru atau pun maksimal enam bulan setelah dibeli. 

4. Pilih wajan anti lengket dan margarin

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!thespruceeats.com

Menu pancake dibuat dengan menggunakan wajan datar. Selain itu, lebih disarankan untuk menggunakan margarin daripada minyak karena panasnya jauh lebih cepat. Kamu dapat menunggu hingga panas wajannya sudah pas, baru lah tuang adonan pada wajan anti lengket. 

5. Tidak menekan pancake

5 Tips Membuat Pancake yang Tebal dan Empuk, Mengembang Sempurna!thespruceeats.com

Biasanya banyak orang yang tak bisa menahan diri untuk tidak menekan pancake pada saat proses pengolahannya. Padahal, menekan pancake tidak akan mempercepat proses pematangan, sebaliknya justru akan membuat pancake jadi lebih bantat dan tipis. Biarkan saja hingga olahan pancake-mu kecokelatan, lalu balikan lah sisinya. Setelah itu, kamu dapat mengangkatnya dan menghias sesuai selera.

Nah, itulah beberapa tips membuat pancake sendiri di rumah untuk menu sarapan. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: 5 Cara Pancake Jadi Kaya Protein, Bikin Sarapanmu Kenyang Tahan Lama

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya