Comscore Tracker

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagi

Hidangan istimewa yang cocok jadi mood booster di Minggu pagi 

Mac and cheese merupakan hidangan berbahan utama pasta macaroni yang dimasak dengan saus keju. Hidangan yang cukup populer di Amerika Serikat ini terbiasa disajikan sebagai menu sarapan

Mac and cheese umumnya banyak tersedia di restoran. Meski begitu, kamu juga bisa bikin sendiri di rumah, kok! Cara bikinnya langsung ikuti resep baked mac and cheese berikut ini, ya! 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagiilustrasi macaroni (pexels.com/Sarah Chai)

Sebelum mulai mengikuti resep mac and cheese esok pagi, lebih baik persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari sekarang, yuk!

Bahan-bahan:

  • 300 ml susu
  • 400 gram makaroni
  • 2 sdm parmesan
  • 50 gram red cheddar
  • 50 gram keju mozzarela
  • 100 ml cream
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garlic powder
  • 1/3 sdt paprika powder
  • 1/4 sdt black pepper
  • panko atau tepung panir
  • garam
  • merica bubuk 

2. Rebus makaroni hingga matang 

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagiilustrasi merebus makaroni (simplemost.com)

Pertama, siapkan panci berukuran besar agar nantinya makaroni tidak saling menempel saat direbus. Panaskan air hingga mendidih, lalu tambahkan garam dan minyak sayur untuk menambah cita rasa pada makaroni.

Jika air sudah mendidih, masukkan makaroni ke dalam panci. Tunggu hingga makaroni mulai matang dan mengembang, lalu aduk perlahan sambil kecilkan api kompor. Proses ini bertujuan agar makaroni tidak saling menempel satu sama lain.

Baca Juga: 5 Macam Quick Bread yang Cocok untuk Sarapan, Gak Perlu Diuleni Lho!

3. Masak makaroni terlebih dahulu

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagiilustrasi mengatur api kompor (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika makaroni sudah benar-benar matang, angkat dari panci dan tiriskan. Siapkan wajan di atas kompor. Tunggu sebentar hingga panas, lalu lelehkan margarin. 

Masukkan makaroni, parmesan, dan keju cheddar ke dalam wajan. Aduk sebentar hingga setengah matang dan tercampur rata. 

4. Kocok telur bersama bahan lainnya

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagiilustrasi mengocok telur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Campurkan susu, cream, telur, garlic powder, paprika powder, dan black paper ke dalam wadah. Kocok semua bahan hingga tercampur rata. 

Kemudian, tuang adonan basah ke dalam wajan sambil di ratakan. Taburi dengan keju mozarella, red cheddar, dan panko di atasnya atau bisa kamu tambahkan topping sesuai seleramu, ya! 

5. Panggang mac and cheese hingga matang

Resep Baked Mac and Cheese yang Creamy, Menu Savory untuk Sarapan Pagiilustrasi orang yang memanggang kue (pexels.com/cottonbro)

Panaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian, masukkan mac and cheese ke dalam oven. Panggang selama 30 menit di atas suhu 180 derajat Celcius.

Jika mac and cheese sudah matang, keluarkan dari oven dan sajikan. Nikmati hidangan selagi hangat untuk sarapan pagi maupun sebagai camilan ringan. 

Langkah-langkah menyajikan menu creamy buat sarapan pagimu yang bikin kenyang di perut dari resep mac and cheese tersebut sangat mudah untuk diikuti, bukan? Cocok buat kamu yang gak pengin ribet bikin sarapan, nih. Apalagi untuk Minggu pagi seperti besok. Segera persiapkan bahan yang dibutuhkan mulai sekarang, ya! 

Baca Juga: Resep Mac n Cheese Rice Cooker, Penyelamat Lapar Tengah Malam

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya